Selasa 06 Nov 2018 04:10 WIB

Kenali Kulit Sensitif Bayi dan Cara Merawatnya

Kulit bayi 40-60 persen lebih tipis dibandingkan kulit dewasa.

Rep: Santi Sopia/ Red: Ani Nursalikah
Kulit bayi sensitif/ilustrasi
Foto: webmd.com
Kulit bayi sensitif/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kulit sensitif bayi adalah masalah yang seringkali dikeluhkan para orang tua. Kulit sensitif bisa terlihat dari kondisi ruam kemerahan, bruntusan, mengelupas hingga kering bersisik.

Sebenarnya, penyebab kulit sensitif kebanyakan dari faktor bawaan atau genetik. Menurut Ketua Kelompok Studi Dermatologi Anak Indonesia (KSDAI), Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) Srie Prihianti, kasus dermatitis atopil pada anak dengan kulit sensitif ditemukan rata-rata 11 persen sampai 15 persen. Penyakit ini berada di antara 10 penyakit kulit anak terbanyak.

Kulit bayi mendapatkan tantangan besar setelah dilahirkan. Kulit tersebut harus beradaptasi setelah berada pada kondisi steril dalam rahim.

Dari kondisi rahim basah yang steril, kemudian dia harus keluar pada lingkungan kering dan kotor. "Ada sebgaian proses, termasuk pematangan kulit untuk mengatasi lingkungan, asap, polusi, bakteri, virus yang tadinya tidak ada dalam rahim," ujarnya di Jakarta, Senin (5/11).

 

Kulit bayi itu berbeda, baik dari segi anatomi, struktur maupun fungsi. Kulit bayi 40-60 persen lebih tipis dibandingkan kulit dewasa.

Bukan hanya ketebalannya, ikatan sel kulit bayi juga cenderung masih longgar. Kelenjar pada kulit bayi juga berfungsi meregulasi suhu tubuh.

Ada ruam merah biasa di kulit pipi, tapi ada juga yang menyerang seluruh tubuh. "Bayi memerlukan perawatan lebih khusus dengan produk yang sesuai. Utamanya mandi dan setelah itu untuk melembabkan," lanjutnya.

Melihat maslaah ini, PT. PZ Cussons Indonesia melalui merk Cussons Baby memperkenalkan solusi perawatan ahli dan terbaik untuk kulit sensitif, yaitu Cussons Baby Sensicare. Komposisi yang terkandung di dalamnya sudah teruji klinis dermatologis atau dokter anak yang diperuntukkan bagi kulit sensitif.

"Diformulasikan dengan Derma-Soft Complex untuk bayi atau dewasa," ujar Head of Brand Activation PZ Cussons Indonesia Rahma Anna Setyani.

Komposisinya diperkaya 100 persen gandum organik, minyak zaitun organik dan ceramide. Ada tiga varian yang diluncurkan, Sensicare Gentle Hair and Body Wash, Sensicare 24hr Daily Moisturizing Lotion, dan Sensicare Intensive Soothing Cream. Ketiga produk itu bisa didapatkan rumah sakit, apote k dan beberapa gerai farmasi modern, seperti Guardian, Watsons, Century, dan Avecca.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement