Senin 05 Nov 2018 14:38 WIB

Empat Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Memasak Ayam

Bakteri pada ayam merupakan faktor utama yang paling penting dicermati.

Rep: Christiyaningsih/ Red: Indira Rezkisari
Ayam panggang.
Foto: Max Pixel
Ayam panggang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Daging ayam merupakan salah satu bahan masak favorit. Selain rasa yang enak, harga daging ayam juga lebih terjangkau daripada daging merah. Di balik kelezatan masakan berbahan dasar ayam, ada beberapa aturan yang sebaiknya diikuti agar daging ayam tetap higienis.

Dikutip dari Taste of Home, berikut lima kesalahan yang sebaiknya anda hindari ketika memasak ayam.

Baca Juga

Meninggalkan ayam terlalu lama

Ayam beku dari kulkas biasanya dikeluarkan dulu hingga esnya mencair sebelum dimasak. Namun jangan sampai terlalu lama membiarkan ayam berada pada suhu ruangan. Pada suhu ruangan, bakteri bisa muncul pada daging. Mengolah daging berbakteri bisa menyebabkan keracunan makanan.

Demi menghindari hal tersebut, langsung simpan daging ayam di kulkas setelah membelinya. Keluarkan ayam hanya ketika akan memasaknya.

Mencuci daging ayam

Daging ayam mentah tidak perlu dan tidak seharusnya dicuci. Alih-alih membersihkan, pencucian justru akan meninggalkan bakteri pada permukaan daging. Oleh karena itu, ayam yang akan dimasak tidak oerlu dicuci. Langsung bumbui dan olah sesuai selera.

Salah marinasi

Sebelum dimasak, ayam biasanya dimarinasi atau dibaluri bumbu-bumbu. Tapi harap diingat jangan gunakan bumbu secara berulang. Menggunakan kembali bumbu yang tersisa dari ayam untuk memarinasi daging selanjutnya memang terdengar hemat. Akan tetapi, berulang kali memakai bumbu yang sama untuk marinasi dapat menyebarkan bakteri.

Memakai peralatan dapur tanpa dicuci

Memasak di dapur membutuhkan ketrampilan. Ketika selesai memotong daging, Anda harus segera mengupas bawang. Agar cepat selesai memasak, Anda menggunakan peralatan yang sama tanpa dicuci terlebih dahulu. Padahal tindakah tersebut salah.

Pisau atau peralatan dapur yang bersinggungan dengan daging ayam mentah mengandung bakteri salmonella. Ketika peralatan tersebut digunakan untuk hal lain, bakteri akan berpindah tempat. Untuk menghindari tersebarnya bakteri, selalu cuci semua peralatan yang sudah terkena daging ayam mentah sebelum digunakan untuk yang lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement