Ahad 28 Oct 2018 13:46 WIB

Makan Keju Ini Sebelum Tidur Bisa Turunkan Berat Badan

Teori populer menyatakan camilan larut malam bisa meningkatkan risiko obesitas.

Rep: Mimi Kartika/ Red: Ani Nursalikah
Keju cottage.
Foto: Wikimedia Commons
Keju cottage.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berdasarkan penelitian, makan keju cottage sebelum tidur membantu mengurangi berat badan. Keju jenis ini dibuat dengan cara penambahan asam untuk menggumpalkan susu yang ada.

Kudapan ini kaya protein yang mencerna makanan dengan lambat dan stabil. Para ilmuwan Amerika Serikat menemukan, protein ini membentuk otot dan meningkatkan metabolisme tubuh. Hanya dengan mengonsumsi dua sendok makan keju cottage setengah jam sebelum tidur sebenarnya baik bagi kesehatan.

Teori populer menyatakan camilan larut malam bisa meningkatkan risiko obesitas karena tubuh menyimpannya sebagai lemak. Akan tetapi, ahli gizi Profesor Michael Ormsbee mengatakan, hal itu tidak berlaku dengan produk kaya protein seperti keju cottage.

Ormsbee dan tim Florida State University telah menguji makanan padat untuk melihat apakah memiliki efek yang sama dengan minuman protein. “Hingga saat ini, kami menganggap makanan utuh akan bertindak sama dengan data pada protein tambahan tetapi kami tidak memiliki bukti nyata," ujar dia dilansir di Daily Record, Ahad (28/10).

Ormsbee mengatakan, hasil penelitian tersebut sangat penting karena menambah literatur. Kebanyakan dari literatur yang mengindikasikan makanan utuh hanya bekerja sebagai suplementasi protein.

"Ini memberi orang pilihan untuk memenuhi nutrisi pra-tidur yang melampaui minuman dengan (protein) bubuk," ujar Ormsbee.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement