Ahad 21 Oct 2018 19:13 WIB

Jangan Letakkan Telur di Pintu Kulkas, Ini Alasannya

Pintu kulkas tidak dingin karena sering dibuka tutup.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Telur di dalam kulkas.
Foto: Flickr
Telur di dalam kulkas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian besar orang terbiasa meletakkan telur di raknya di pintu kulkas. Tapi kebiasaan tersebut ternyata tidak baik untuk kesehatan.

Seperti dilansir dari laman Reader's Digest, Ahad (21/10), Vlatka Lake, seorang manajer pemasaran di perusahaan penyimpanan Space Station, mengatakan sebaiknya jangan simpan telur di rak telur plastik di pintu kulkas.

Baca Juga

“Ada perdebatan besar di mana telur harus disimpan, dengan beberapa mengatakan di lemari es dan lain-lain mengatakan di meja,” katanya.

Konsensus umum adalah menyimpan telur di lemari es, tapi tidak di rak telur yang biasa ditemukan di pintu kulkas. Menurutnya, menempatkan telur di pintu kulkas bisa memaparkan telur pada suhu yang berfluktuasi saat membuka dan menutup pintu sepanjang hari.

Akibatnya, telur membusuk lebih cepat. Lebih baik simpan telur di rak di lemari es. Di rak suhu akan tetap cukup konstan hingga telur lebih awet.

Ada beberapa kebiasaan dalam urusan menyimpan telur. Tak sedikit yang lebih suka memyimpan telur di luar kulkas.

Ketika didinginkan, telur memiliki ketahanan yang lebih lama, telur akan dalam kondisi baik untuk 21 hari ke depan. Di dalam lemari pendingin, tapi telur dapat menyerap bau dan rasa dari makanan lain.

Para koki percaya telur dalam suhu kamar lebih ideal untuk dipanggang. Karena itulah Anda akan melihat resep untuk menggunakan telur bersuhu ruangan sebelum mencampurkannya dengan bahan lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement