Kamis 21 Jan 2016 08:14 WIB

Trik Ini Sanggup Awetkan Telur Hingga 8 Bulan

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Indira Rezkisari
Selain kaya dengan protein, telur juga rendah karbohidrat.
Foto: EPA
Selain kaya dengan protein, telur juga rendah karbohidrat.

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak orang suka telur dan ingin memakan telur segar sepanjang waktu. Akan tetapi, pada waktu tertentu seperti musim dingin ayam betina akan mengurangi produksi telurnya. Peternak Tanya Kelley seperti dikutip Real World Survivor berbagi tips untuk mengawetkan telur agar tetap segar bahkan hingga delapan bulan.

Membekukan telur adalah cara mengawetkan yang baik tapi hal itu tentu membutuhkan dukungan listrik. Kelley menggunakan metode "water glassing" atau menggunakan sodium silikat.

Pada Agustus, ketika ayam memproduksi banyak telur, ia mengumpulkan sekitar 40 hingga 50 butir telur dalam botol besar. Telur yang digunakan adalah telur segar berusia kurang dari 24 jam. Lalu, ia mencampur sodium silikat dengan air rebusan yang didinginkan. Campuran tersebut pun dituang ke dalam botol dan merendamnya di atas lima sentimeter.  

Simpan botol-botol di tempat yang dingin dan gelap. Bolak-balikkan sekali atau dua kali sepekan. Hasilnya, telur yang disimpan tetap dalam kualitas baik, tidak mengambang, dan tidak pecah. Untuk mengambil telur, harap hati-hati karena licin.

Jika Anda memiliki masalah dengan keterbatasan ruang di kulkas Anda, tentu trik ini bisa dicoba.

(baca: Manfaat Sebutir Telur Bagi Wanita)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement