Selasa 16 Oct 2018 15:28 WIB

Karakter Wonder Woman Tumbuhkan Kepercayaan Diri Anak

Gadis muda lebih percaya diri setelah melihat Gal Gadot sebagai Wonder Woman.

Rep: Nora Azizah/ Red: Indira Rezkisari
Wonder Woman
Foto: dok Warner Bros
Wonder Woman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah studi menyebutkan, karakter Wonder Woman dan Princess Leia telah membantu meningkatkan kepercayaan diri pada gadis muda. Di dalam penelitian yang dimuat The Indian Express, studi dilakukan dengan merekrut peserta secara sukarela. Persetujuan juga diberikan orang tua bagi peserta yang bergantung pada usia.

Kriteria penyaringan dasar pada penelitian termasuk industri non sensitif, rumah tangga TV multikanal, serta penolakan non-genre. Penelitian dilakukan berdasarkan anak muda yang kerap menyukai film pahlawan super. Studi dari kerja sama BBC America dan Women's Media Center tersebut menyebutkan bahwa gadis muda lebih percaya diri ketika Gal Gadot memerankan karakter Wonder Woman.

Data yang dipublikasikan tersebut mencatat, karakter superhero perempuan tersebut di layar kaca berpengaruh dan berdampak bagi gadis muda. Studi berjudul 'SuperPowering Girls: Female Representation in SciFi / Superhero Genre' menggelar survei lebih dari 2 ribu anak perempuan dan laki-laki berusia lima hingga 19 tahun.

Presiden BBC America Sarah Barnett mengatakan, penelitian ini harus bisa memberikan hal berbeda pada film. "Kami berharap laporan ini bisa memicu perubahan khususnya cerita film," kata Barnett. Representasi yang lebih besar dari pahlawan wanita dan genre superhero akan memengaruhi kekuatan generasi muda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement