Sabtu 06 Oct 2018 10:01 WIB

Milenial Kerap Abaikan Kandungan Produk Kecantikan

Tak sampai satu persen perempuan milenial yang cek informasi kandungan produk.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Indira Rezkisari
Wanita sedang melakukan perawatan kulit wajah.
Foto: EPA
Wanita sedang melakukan perawatan kulit wajah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Produk kecantikan sudah menjadi bagian dari kebutuhan sehari-hari kaum hawa. Dalam setiap aktivitas seperti berangkat ke kantor, kampus, atau sekadar bertemu kolega, perempuan hampir tidak pernah lupa memakai produk kecantikan terlebih dahulu.

Tetapi tingginya kebutuhan perempuan terhadap produk kecantikan ini tidak diiringi dengan kesadaran memperhatikan keamanan produk. Sebuah survei yang dilakukan oleh ZAP Beauty Index terhadap 17.889 perempuan Indonesia menyebutkan bahwa kesadaran konsumen terhadap kandungan produk kecantikan masih sangat rendah.

Meski sebagian besar menyatakan peduli dengan keamanan produk, nyatanya masih ada 13 persen perempuan yang tidak memperhatikan label saat akan membeli produk kecantikan. "Mereka lebih melihat logo brand, khasiat produk atau promosi diskon yang sedang berjalan," kata Fadli Shahab selaku CEO dan pendiri klinik kecantikan ZAP, beberapa waktu lalu.

Hanya sekitar 16 persen perempuan saja yang memperhatikan label kandungan alkohol dan 15 persen yang memperhatikan label kandungan merkuri. Bahkan, hanya 0,1 persen perempuan milenial yang mengecek label atau informasi kandungan produk kecantikan yang mereka beli.

Belum besarnya perhatian konsumen terhadap kandungan produk, berbanding terbalik dengan keinginan mereka akan produk yang aman. Sekitar 64 persen perempuan Indonesia menyatakan lebih mementingkan keamanan produk dibandingkan harga. Ini berbeda dengan gadis remaja berusia 18 tahun yang mengedepankan harga produk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement