Kamis 04 Oct 2018 19:38 WIB

Tujuh Cara Memasak Telur yang Sehat

Telur rebus sangat sehat untuk dikonsumsi karena diolah tanpa minyak

Rep: MGROL 111/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Orak-arik telur.
Foto: Flickr
Orak-arik telur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Telur tidak hanya sumber protein yang sangat baik tetapi juga dikemas dengan berbagai nutrisi seperti zat besi, kalsium, vitamin A dan E. Telur rebus dan poaching telur adalah bentuk konsumsi yang paling sehat, tetapi ada berbagai metode memasak lain yang juga mudah dan sehat juga. Berikut adalah daftar cara memasak telur agar segala gizi di dalamnya bisa didapatkan.

1. Orak-arik

Telur orak-arik yakni dihancurkan dalam mangkuk, aduk dengan menambahkan garam, lada dan susu non-lemak, dituangkan ke dalam panci panas dan diaduk dengan api kecil sampai mereka siap. Seperti yang dilansir melalui India Times satu porsi telur orak-arik memiliki 17 kalori, 3,6 gram protein dan hampir tidak mengandung lemak. Telur orak-arik mengandung lemak, kolesterol, dan jumlah kalori yang sama dengan telur rebus.

2. Rebus

Telur rebus memiliki 5,3 gram lemak, 6 gram protein dan 78 kalori. Semakin lama Anda memasaknya, semakin kuat kuning telurnya. Telur rebus sangat sehat untuk dikonsumsi karena mereka tidak memiliki jumlah minyak dalam persiapan.

3. Poached atau rebus

Sama saja dengan merebuh, yang berbedanya adalah kalau yang ini merebus telur tidak dengan cangkangnya atau hanya isi telurnya saja. Ini adalah salah satu cara tersehat untuk menyiapkan telur karena mereka tidak memerlukan minyak atau mentega dan mempertahankan semua nutrisi. Pecahkan telur ke dalam mangkuk terpisah dan tempatkan secara perlahan dalam panci berisi air mendidih selama 3 menit.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement