Senin 01 Oct 2018 09:24 WIB

Beberapa Hal yang Sebabkan Kulit Mudah Memar

Sebagian orang bisa dengan sangat mudah mengalami memar.

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Yudha Manggala P Putra
Luka memar di tangan
Foto: medicalnewstoday.com
Luka memar di tangan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memar pada kulit merupakan bentuk dari cedera ringan pada pembuluh darah di bawah permukaan kulit. Jika pembuluh darah ini rusak, sebagian kecil darah akan keluar dan menimbulkan warna biru, hitam, atau ungu pekat pada kulit.

Dokter pengobatan keluarga di Klinik Cleveland, Cory Fisher mengatakan sebagian orang sangat mudah mendapatkan memar seperti ini pada lengan, kaki, dan bagian tubuh lain, bahkan hanya dengan sedikit benturan. Anda mungkin juga pernah bingung saat tiba-tiba menemukan memar itu. Berikut adalah beberapa penyebab tubuh mudah memar, dilansir dari Men's Health, Senin (1/10).

1. Usia

Kulit menjadi lebih tipis seiring bertambahnya usia. Pembuluh darah menjadi lebih gembur. Keduanya membuat tubuh lebih rentan terhadap memar yang tak bisa dijelaskan. Saat kulit menipis, Anda kehilangan lemak dan kolagen yang sebelumnya melindungi pembuluh darag Anda. Pembuluh darah akhirnya kehilangan elastisitas, membuatnya lebih mudah terluka.

2. Obat pengencer darah

Jika Anda sedang mengonsumsi obat pengencer darah untuk pengobatan aritmia jantung atau pembekuan darah, itu adalah penjelasan sederhana untuk memar yang tak bisa dijelaskan. Anda mungkin juga mengonsumsi obat lain yang juga berefek mengencerkan darah tanpa disadari, seperti ibuprofen atau aspirin.

3. Hemofilia

Hemofilia adalah gangguan darah yang bisa menyebabkan tubuh mudah memar. Kondisi ini langka yang memengaruhi kemampuan darah untuk membeku. Penderitanya berisiko pendarahan hebat atau cedera ringan. Tandanya adalah pendarahan banyak saat pemeriksaan gigi, mimisan lama, darah dalam urin atau tinja, dan penyembuhan lama setiap kali pendarahan.

4. Antidepresan

Antidepresan, seperti fluoxetine, sertraline, citalopram, dan bupropion dapat berinteraksi dengan trombosit yang merupakan bagian penting dari proses pembekuan darah.

5. Kurang vitamin

Tubuh yang kekurangan vitamin C dan K dapat menyebabkan memar yang tak dapat dijelaskan. Ini biasanya sering terjadi pada populasi masyarakat kurang gizi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement