Kamis 27 Sep 2018 22:36 WIB

Membatasi Waktu Penggunaan Ponsel Tingkatkan Kognisi Anak

Peneliti meyakini penggunaan ponsel terlalu lama menganggu perkembangan kognitif anak

Rep: MGROL 111 / Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Penggunaan gawai menjelang tidur justru membuat anak tidur lebih sedikit dan kelelahan di hari selanjutnya.
Foto: Dailymail
Penggunaan gawai menjelang tidur justru membuat anak tidur lebih sedikit dan kelelahan di hari selanjutnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sangat penting membatasi anak dalam penggunaan ponsel. Memberi batasan kurang dari dua jam sehari bisa membuat anak cukup tidur dan meningkatkan aktifitas fisiknya yang akan berpengaruh pada peningkatan kognisi menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Lancet Child & Adolescent Health.

Penelitian ini melibatkan sekitar 4.500 anak-anak AS yang berusia 8 hingga 11 tahun dan mengukur kebiasaan dalam menggunakan ponsel. Ditemukan bahwa 51 persen dari anak-anak mendapatkan tidur yang disarankan sembilan sampai 11 jam tanpa gangguan, 37 persen memenuhi batas penggunaan ponsel kurang dari dua jam perhari, sementara 18 persen memenuhi rekomendasi aktivitas fisik setidaknya 60 menit. Hanya 5 persen dari anak-anak dalam penelitian ini memenuhi ketiga rekomendasi, 30 persen tidak ada sama sekali.

Para peneliti menemukan bahwa setiap kategori dipenuhi oleh seorang peserta, ada hubungan positif dengan kognisi global, yang meliputi memori, perhatian, kecepatan pemrosesan dan bahasa. Mereka yang memiliki ketiganya memiliki kognisi global paling superior, diikuti dengan hasil kategori lainnya.

“Kami tahu bahwa perilaku aktivitas fisik, tidur dan waktu penggunaan ponsel secara independen dapat mempengaruhi kesehatan kognitif seorang anak. Namun, perilaku ini tidak pernah dipertimbangkan dalam kombinasi,” kata Jeremy Walsh, penulis mantan pasca-doktoral di Rumah Sakit Anak Ontario Timur, di mana penelitian itu dilakukan. 

Seperti yang dilansir melalui CNN, studi ini mengambil data dari National Athents of Health-akademed Brain Cognitive Development study dan termasuk survei yang dilakukan oleh orang tua tentang jumlah tidur seorang anak, seberapa sering mereka aktif secara fisik dan berapa lama waktu yang mereka miliki.

“Penelitian baru ini menambah bukti yang ada, dan mendukung kekhawatiran tentang waktu menggunakan ponsel dan potensi hubungan negatif dengan perkembangan kognitif pada anak-anak,” kata Kirsten Corder, seorang peneliti dari Unit Epidemiologi MRC di University of Cambridge.

Organisasi lain, seperti American Academy of Pediatrics memiliki panduan untuk membantu pengelolaan waktu layar anak-anak. Organisasi menyarankan pengaturan pedoman, mengetahui siapa yang berbicara dengan anak Anda, mengetahui apa yang mereka lakukan, mendorong waktu bermain fisik dan menciptakan zona bebas teknologi.

Walsh percaya bahwa memiliki kebiasaan menggunakan ponsel yang baik dapat membantu mendorong penggunaan dalam jangka waktu yang disarankan dan manfaat yang menyertainya.

“Saya pikir tujuan utama di sini adalah bahwa orang tua harus mempertimbangkan seluruh 24 jam sehari anak-anak mereka,” katanya, “dan menetapkan aturan atau batasan yang realistis untuk berapa lama mereka berada di ponsel mereka, memiliki aturan waktu tidur, dan memastikan untuk mendorong aktivitas fisik.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement