Senin 24 Sep 2018 14:24 WIB

4 Manfaat Unik Es Batu untuk Kulit Wajah

Manfaat es batu mulai dari mengecilkan pori-pori hingga meningkatkan sirkulasi darah.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Yudha Manggala P Putra
Es batu/ilustrasi
Foto: dreamstime.com
Es batu/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Perawatan kulit wajah tidak harus melulu dilakukan di salon dengan menghabiskan uang banyak. Ritual penting kaum hawa ini bisa juga dimulai dengan menggunakan hal-hal sederhana. Salah satunya es batu yang biasa digunakan untuk menyegarkan minuman.

Tidak banyak yang menyadari bahwa es batu yang setiap hari ada di dalam kulkas kita memiliki banyak manfaat untuk wajah, mulai dari mengecilkan pori-pori hingga meningkatkan sirkulasi darah. Lalu bagaimana cara memanfaatkannya? Berikut rangkumannya dilansir dari Femina.In.

1. Gosokkan sebelum merapikan alis

Mencabut bulu atau rambut di area wajah sangatlah menyakitkan, tidak terkecuali saat merapikan bulu alis mata. Sebelum merasakan sensasi perih terbakar, gosokkan es batu pada area rambut yang akan dicabut. Ini akan memberikan efek kebas pada kantung rambut sehingga tidak sakit ketika dicabut.

2. Kompres di atas jerawat

Bagi kulit wajah yang rajin didatangi jerawat, es batu bisa membantu meredakan jerawat yang meradang. Ambil beberapa potong es batu dan bungkus ke dalam sarung tangan handuk. Kompreskan es batu yang sudah dibungkus tersebut di atas jerawat dengan gerakan menekan yang lembut dan lakukan rutin dua kali seminggu selama 4-5 menit.

3. Mengeringkan cat kuku dengan cepat

Jika Anda adalah orang yang suka bereksperimen dengan cat kuku, es batu akan membantu melakukannya dengan mudah. Ambil semangkuk air dingin dengan tambahan es batu di dalamnya. Kemudian letakkan kuku jari Anda yang telah dicat. Ini akan membantu mempercepat pengeringan cat kuku.

4. Meredakan kemerahan kulit

Radang hingga kemerahan merupakan beberapa dampak dari kulit sensitif. Menggosokkan es batu di atas kulit yang meradang akan membantu meredakannya. Sifat es batu yang dingin dan menyegarkan akan membantu memberi efek menenangkan pada kulit sensitif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement