Kamis 29 Aug 2019 09:09 WIB

Memanfaatkan Es Batu untuk Kecantikan

Es batu bisa jadi penyelamat bagi kondisi kulit tertentu

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
Es batu.
Foto: Pixabay
Es batu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Es batu bisa lebih bermanfaat daripada sekadar pendingin minuman saja. Percaya atau tidak, es batu bisa menjadi penyelamat kulit untuk kondisi-kondisi tertentu.

Dengan memanfaatkan es batu, bisa menjadi senjata rahasia untuk meningkatkan kecantikan bagi yang penata rias atau bahkan masing-masing pribadi di seluruh dunia. Dari merawat kantung mata hingga mendapatkan cahaya yang sehat, es batu bisa membantunya.

Baca Juga

Untuk lebih jelas, berikut lima cara menggunakan es batu dalam rutinitas kecantikan, dikutip dari Times of India.

Mengurangi Mata Bengkak

Untuk merawat kantung mata bagian area bawah yang sering bergelambir bahkan berubah warna, dapat dibantu dengan bantuan sesuatu yang dingin. Es batu bisa meredakan bengkak tersebut. Cukup tekan lembut es batu di area bawah mata selama 10-15 menit untuk mengurangi mata bengkak dalam sekejap.

Mengecilkan Jerawat

Sedang berjerawat hingga memerah? Es batu dapat membantu mengecilkan kondisi tersebut. Menggunakan es batu pada jerawat dapat membantu mengurangi peradangan dengan menyempitkan pembuluh darah.

Mencerahkan Wajah Sekejap

Mengoleskan es batu pada wajah dapat meningkatkan sirkulasi dan menghasilkan kecerahan yang sehat. Cukup bungkus beberapa es batu dengan kain katun dan memijatnya pada kulit selama beberapa menit. Cara ini akan membantu wajah lebih bercahaya dari dalam.

Mengurangi Rasa Sakit

Sudah menjadi rahasia umum es batu digunakan untuk meredakan rasa sakit pada tubuh. Cara ini pun berlaku untuk menghilangkan rasa sakit yang dirasakan di area wajah.

Untuk meredakan sakit, lebih baik gunakan kain sebagai pembalut es batu, ketimbang langsung menempelkannya. Cara ini akan membuat suhu es batu yang dingin tidak terasa terlalu perih saat ditempelkan ke kulit. Ini akan membantu mengurangi rasa sakit dan bahkan kemerahan.

Mengatasi Sengatan Matahari

Cara terbaik untuk menenangkan kulit yang terbakar sengatan matahari adalah dengan mengaplikasikan es batu di area yang terkena. Ini akan menenangkan kulit dan juga mengurangi kemerahan dengan pengaplikasian teratur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement