Sabtu 22 Sep 2018 23:12 WIB

Beragam Resep Gula untuk Enyahkan Ketombe

Ketombe bisa menyebabkan masalah kulit kepala dari gatal hingga berdarah

Rep: MGROL 111/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Rambut berketombe
Foto: Boldsky
Rambut berketombe

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketombe adalah masalah kulit kepala yang paling sering dialami oleh sebagian orang. Ketombe bisa disebabkan karena akumulasi sel-sel kulit mati di kepala dan produksi minya berlebihan pada kulit kepala. Ketombe bisa menyebabkan masalah kulit kepala lainnya seperti gatal dan pendarahan di kulit kepala.

Oleh karena itu masalah ini perlu ditangani pada saat yang tepat, untuk menghindari masalah serius. Langkah utama dalam menghilangkan ketombe adalah menghilangkan sel kulit mati dari kulit kepala secara teratur dapat membantu Anda menghilangkan ketombe.

Bahan yang paling mudah kita temui adalah gula. Ya, gula bisa menjadi bahan untuk menghilangi ketombe seperti yang dilansir melalui Boldsky.

1. Scrub Gula

Cukup mencampur gula, minyak zaitun, dan sedikit garam untuk membuat scrub. Oleskan ini pada kulit kepala Anda dan pijat lembut dengan gerakan melingkar dengan ujung jari Anda. Biarkan selama satu jam atau lebih. Kemudian bilas dengan air biasa. Lulur ini akan membantu Anda dalam mengobati ruam dan ketombe pada kulit kepala. Anda dapat menggunakan obat ini setidaknya sekali seminggu untuk hasil yang lebih cepat. 

2. Gula Dan Aloe Vera

Aloe vera dikenal karena sifat penyembuhannya dan akan membantu dalam menyembuhkan kulit kepala kering dan ketombe. Ambil gel putih kulit buaya dan campurkan gula kemudian haluskan. Oleskan ini pada kulit kepala Anda dan gosok dengan lembut. Setelah 30 menit, bilaslah. Obat ini juga akan meningkatkan pertumbuhan rambut. Anda dapat mencoba obat ini setidaknya sekali setiap dua minggu.

3. Gula dan Shampo

Anda hanya perlu menambahkan satu sendok gula ke dalam shampo biasa Anda. Gunakan campuran ini untuk menyampo rambut Anda. Bilas seperti yang biasa Anda lakukan secara teratur. Anda dapat mengulang ini sekali dalam seminggu untuk hasil yang lebih baik.

4. Gula Dan Minyak Atsiri

Anda bisa membuat scrub buatan sendiri dengan menambahkan gula ke minyak esensial. Ini juga membantu dalam meninggalkan aroma pada rambut dan kulit kepala Anda.

Anda dapat membuat scrub ini dengan menambahkan sekitar 8-10 sendok teh gula, 3-4 tetes minyak rosemary dan minyak esensial lemon dalam mangkuk. Campur semua bahan dengan baik dan pijat di kulit kepala dan rambut yang menutupi akar dan ujung. Pijat beberapa saat lalu diamkan selama satu jam. Kemudian bilas dengan air biasa. Ulangi obat ini setiap 15 hari sekali untuk hasil yang lebih cepat dan lebih baik.

5. Gula coklat Dan Minyak Zaitun

Cukup campurkan 2 sendok makan gula cokelat dan beberapa minyak zaitun. Hangatkan sekitar 2 sendok makan minyak zaitun ringan. Tambahkan gula ke dalamnya dan campurkan bahan-bahannya dengan baik. Biarkan campuran tersebut sampai ke suhu ruangan dan pijat lembut ini di kulit kepala Anda. Diamkan selama 30-45 menit dan bilas menggunakan air biasa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement