Jumat 21 Sep 2018 16:47 WIB

Kreasi Salad Daging Terbaru SaladStop!

Kombinasi daging dan sayuran membuat rasa kenyang tahan lebih lama.

Rep: MGROL 106/ Red: Indira Rezkisari
Tiga menu salad baru dari SaladStop!.
Foto: dok SaladStop!
Tiga menu salad baru dari SaladStop!.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama ini mungkin salad hanya dikenal sebagai makanan berisi sayur atau buah-buahan. Padahal salad sangat mungkin diberi campuran daging.

Gaya hidup masyarakat yang semakin aktif menyebabkan konsumsi makanan sehat seperti salad digemari. salah satunya adalah salad yang dilengkapi dengan serat dan protein yang tinggi. Tidak hanya memiliki cita rasa yang tinggi, tetapi juga percampuran antara sayuran, dan daging dalam salad juga akan membuat tubuh sehat.

Baca Juga

Salah satu rumah makan spesialis makanan sehat, SaladStop!, mengombinasikan sayur dan daging ke dalam tiga menu salad terbaru. Menurut manajer pemasaran SaladStop!, Adhi Putra Tawakal, tiga menu salad tersebut merupakan jawab dari kebutuh masyarakat akan asupan protein. “(Cocok) untuk menunjang gaya hidup aktif mereka. Makanan ini cocok untuk yang gemar berolahraga, sehingga memerlukan konsumsi protein yang lebih tinggi,” kata Adhi dalam acara peluncuran tiga menu terbaru SaladStop! di Senayan City, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Kandungan protein yang memenuhi salad Rodeo Drive, Mighty Miso, dan Upstream masing-masing terdapat pada steak daging sapi sirloin yang mengandung 26,5 gram protein, ayam miso dengan protein 20,2 gram, dan salmon sebagai pelengkap Upstream yang memiliki jumlah protein 30 gram. Banyaknya kandungan nutrisi yang terdapat dalam salad tersebut mampu membuat perut terasa kenyang sampai siang hari, bahkan sampai sore.

Tidak seperti salad pada umumnya, ketiga salad ini lebih mengandalkan daging sebagai bahan dasarnya, sementara sayuran hanyalah sebagai bahan pelengkap. Untuk pembuatan salad sendiri, mereka sama sekali tidak menggunakan penggorengan sebagai teknik pengolahan. “Kami memakai panini grill untuk memanggang daging Rodeo dan Mighty Miso, kemudian sup tureen untuk brown rice dan quinoa,” kata Aji selaku Supervisor Pemasaran Digital SaladStop!.

Sementara proses pengolahan steak daging sapi sirloin dimarinasi sebelum dipanggang, berbeda dengan daging ayam miso dan salmon yang diolah dengan teknik sous vide. Sous vide adalah teknik yang membungkus bahan makanan dalam plastik vakum, sebelum dimasak dalam suhu yang tepat di dalam air.

Untuk daging dan sayuran, mereka membelinya di pedagang lokal. Akan tetapi, untuk beberapa bahan pelengkap salad terpaksa harus membeli dari luar negeri karena ketidak tersediaannya di Indonesia. Seluruh bahan makanan yang digunakan untuk membuat tiga salad ini memiliki jangka waktu penyimpanan.

Tetapi, yang memiliki jangka waktu benar-benar sempit adalah sayuran. “Penyimpanan hanya boleh maksimal sampai tiga hari. Tiga hari itu dimulai dari saat petani memberi (sayuran kepada kita), sampai kita menyajikan salad ini,” kata Aji.

Menurutnya, hal tersebut dilakukan demi menjaga kualitas sayuran yang disajikan. Ia juga mengatakan sayuran yang sudah melebihi tiga hari akan terasa kurang segar. Meski sayuran yang mereka gunakan adalah sayuran nonorganik, Aji mengatakan bahwa mereka benar-benar menjaga ketat proses penyucian sehingga pestisida dapat dipastikan benar-benar hilang.

Anda dapat mencicipi ketiga salad ini dengan harga Rp 110 ribu untuk satu porsi Rodeo Drive, Rp 95 ribu untuk Mighty Miso, dan Rp 110 ribu untuk Upstream. Selain itu, Anda juga tidak harus mendatangi rumah makan tersebut karena Anda dapat memesannya melalui aplikasi daring.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement