Rabu 19 Sep 2018 07:34 WIB

Trik Mandi Agar Bisa Tidur Nyenyak Malam Hari

Mandi dengan air hangat membantu menciptakan kondisi tubuh jelang tidur.

Rep: Christiyaningsih/ Red: Indira Rezkisari
Mandi sebelum tidur bisa membantu tubuh beristirahat lebih baik.
Foto: Pixabay
Mandi sebelum tidur bisa membantu tubuh beristirahat lebih baik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mandi adalah salah satu cara membuat tubuh lebih segar. Mandi di pagi hari terasa sangat menyegarkan dan ampuh mengusir kantuk. Lalu apakah manfaat yang kita petik dari mandi di sore atau malam hari? Anda perlu tahu ternyata mandi sore atau malam bisa membuat tidur lebih nyenyak asalkan tahu triknya.

Sebelum mengakhiri hari, ada baiknya menyempatkan mandi. Selain menghilangkan kotoran yang melekat di badan, mandi memberikan efek relaksasi yang membantu tubuh beristirahat. Dikutip dari Indian Express, ada beberapa kiat agar ritual mandi kita membantu tidur lebih nyenyak.

Baca Juga

Pertama, mandilah dengan air hangat. Air dingin memang punya banyak manfaat bagi kesehatan, tapi itu tidak berlaku ketika menjelang jam tidur. Tubuh akan menaikkan suhunya apabila dibilas dengan air dingin.

Namun jika mandi dengan air hangat, temperatur tubuh akan menurun seperti kondisi ketika akan terlelap. Jadi, mandi dengan air hangat tak ubahnya menciptakan kondisi agar tubuh mempersiapkan diri menjelang waktu tidur.

Kedua, manfaatkan waktu mandi sebagai sarana menenangkan diri atau meditasi. Waktu mandi adalah waktu yang sangat personal dan eksklusif. Guyuran air akan memberi sensasi tenang dan membantu menyiapkan suasana hati untuk mengakhiri hari. Teteskan aroma esensial ke dalam air mandi dan dapatkan waktu istirahat yang lebih berkualitas.

Ketiga, jangan mandi tepat ketika akan tidur. Walaupun air hangat membantu meregulasi suhu tubuh dan membuat tubuh beradaptasi menjelang tidur, jangan langsung tidur usai mandi. Berilah jeda waktu antara waktu mandi dan waktu tidur agar tubuh bisa 'cooling down'. Jeda waktu yang disarankan antara mandi dan tidur adalah satu sampai dua jam.

Terakhir, masuklah ke ruangan yang dingin setelah mandi. Untuk membantu suhu tubuh turun tepat waktu menjelang tidur, berjalanlah ke ruangan yang dingin. Anda bisa menyalakan pendingin ruangan setelah mandi dan beristirahatlah dengan rileks.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement