Selasa 18 Sep 2018 16:17 WIB

Makanan yang Pantang Dikonsumsi Sebelum Olahraga

Soda adalah pilihan yang buruk untuk diminum sebelum olahraga.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari
Wanita berolahraga
Wanita berolahraga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pakar nutrisi dan instruktur profesional menganjurkan cukup makan dan minum sebelum olahraga agar latihan fisik berjalan optimal. Akan tetapi, ada sederet makanan dan minuman yang pantang dikonsumsi sebelum olahraga seperti diulas laman Cosmopolitan berikut.

Makanan kaya serat

Baca Juga

Secara umum, makanan kaya serat seperti roti gandum, pasta, dan gandum utuh memang baik untuk tubuh. Perkecualiannya adalah jangan dikonsumsi sebelum olahraga karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti kembung, mual, dan kram perut.

Minuman bersoda

Soda adalah pilihan yang buruk untuk diminum sebelum olahraga, karena sama sekali tidak mengandung nutrisi. Kandungan gula tinggi dan karbonasi dalam minuman bersoda dapat membuat Anda merasa kembung, kram perut, dan mual saat berolahraga.

Kacang-kacangan

Makanan mengandung lemak dalam jumlah tinggi seperti kacang-kacangan idealnya tidak dimakan sebelum berolahraga. Pasalnya, lemak memperlambat pencernaan. Jika Anda tetap tergoda memakannya, pastikan ada jarak sekitar dua jam dengan jadwal latihan.

Makanan pedas

Hindari mengasup makanan pedas sebelum olahraga karena berpotensi mengakibatkan gangguan pencernaan. Tidak hanya memicu mulas dan sakit perut, makanan pedas juga dapat meningkatkan risiko kram perut yang akan menghambat gerak selama sesi latihan.

Sayuran

Sayuran crusiferous seperti brokoli, kubis, dan kembang kol amat penting dimasukkan dalam diet sehat. Namun, jenis sayuran ini justru mendatangkan malapetaka saat olahraga karena dapat memicu perut kembung dan gas berlebih.

Gula olahan

Jumlah gula dan karbohidrat yang tidak mencukupi saat berolahraga dapat menyebabkan kelesuan dan kelelahan. Namun, perhatikan sumber gula yang diasup. Hindari gula olahan yang banyak digunakan dalam makanan kemasan dan pilihlah gula dari sumber alami.

Susu

Susu, keju, atau yoghurt jauh lebih baik dikonsumsi setelah sesi olahraga selesai. Jika Anda ngotot meminumnya, kandungan lemak yang tinggi dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas, perut kembung, dan meningkatkan kadar asam lambung selama berolahraga.

Alpukat

Alpukat harus dihindari sebelum olahraga karena kandungan lemak yang tinggi dan termasuk buah yang kaya serat. Kombinasi tersebut membuat perut membutuhkan waktu pencernaan yang lebih lama sehingga dapat memicu kram perut saat olahraga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement