Kamis 13 Sep 2018 07:17 WIB

Lakukan Kebiasaan Kecil Ini Untuk Menurunkan Berat Badan

Menuliskan apa yang dimakan di buku diary atau ponsel membantu turunkan berat

Rep: MGROL 111/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Diet ketat hingga berat badan turun berpengaruh pada menstruasi.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Diet ketat hingga berat badan turun berpengaruh pada menstruasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Orang melakukan segala macam hal-hal aneh untuk menurunkan berat badan. Meskipun sangat bagus untuk melihat dan merasakan yang terbaik, menetapkan tujuan yang sehat dan benar-benar mencapainya tidak harus melakukan hal-hal yang begitu berat

Ada kebiasaan tertentu, kebiasaan yang sangat mudah untuk membantu Anda mengurangi berat badan. Dilansir dari Pop Sugar, berikut hal-hal kecil yang bisa anda lakukan setiap harinya demi menurunkan berat badan.

1. Menulis apa yang anda makan di diary

Ini hanya tentang menuliskan apa yang Anda makan. Dalam uji klinis, sudah terbukti berkali-kali dapat bekerja dan bahkan menggandakan penurunan berat badan Anda.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa menyimpan catatan makanan Anda dapat menyebabkan perubahan signifikan dalam kebiasaan Anda, berkontribusi terhadap penurunan berat badan yang besar. Mulailah dengan menuliskan semua yang Anda makan dan minum (ya, kopi dan air termasuk) dan pada jam berapa. 

Seiring waktu, Anda akan menemukan bahwa hal tersebut pendekatan itu dapat mengubah cara Anda makan dan bergerak tanpa menyadarinya.

2. Minum segelas air sebelum makan

Minum satu gelas air sebelum makan akan mencegah dehidrasi dan membatasi makan berlebihan, yang dapat membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat.

3. Perhatikan waktu makan

Sebuah studi 2015 yang diterbitkan dalam jurnal Cell Metabolism mencatat bahwa para peserta tidak secara terbuka diminta untuk mengubah kualitas atau kuantitas nutrisi. Dengan kata lain, mereka makan apa yang biasanya mereka makan, tetapi dengan memperketat jendela waktu di mana mereka makan. 

Coba makan dari jam 10 pagi hingga 8 malam, atau dari jam 9 pagi sampai 7 malam. Selebihnya Anda hanya bisa minum kopi atau air di luar jam-jam itu. Hindari camilan larut malam dan berat badan akan turun.

4. Perbanyak makan sayur

Tambahkan lebih banyak sayur di makanan dan Anda akan memiliki lebih sedikit ruang untuk makanan lainnya. Sayur juga memiliki banyak vitamin serta nutrisi dan itu membuat Anda memiliki lebih banyak energi.

5. Bergerak kapan saja 

Kebiasaan kecil lainnya yang dapat menjadi latihan penurunan berat badan paling sederhana adalah berjalan. Jalan-jalan yang mengurangi stres dan mengurangi stres secara sempurna. Berjalan merupakan kebiasaan yang dikatakannya bahkan lebih penting daripada melakukan kardio yang intens.

Berjalanlah di setiap kesempatan dan Anda akan mendapatkan penurunan berat badan dari hari ke hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement