Rabu 12 Sep 2018 07:53 WIB

Berbahayakah Memanaskan Ulang Nasi?

Beras sering mengandung spora yang bisa bertahan hidup saat dimasak.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Sepiring nasi putih.
Foto: Wikipedia
Sepiring nasi putih.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada sejunlah makanan yang rasanya menjadi lebih nikmat ketika sudah dipanaskan kembali. Namun untuk nasi yang sisa, apakah boleh dipanaskan kembali?

Seperti dilansir dari laman Cosmopolitan, sebenarnya nasi sisa yang dipanaskan bisa berakibat buruk bagi Anda. Hal ini diungkapkan oleh National Health Service (NHS). Anda bisa keracunan makanan yang sangat parah karena makan nasi yang dipanaskan. Bukan pemanasan ulang yang menyebabkan masalah, melainkan cara beras disimpan setelah dimasak pertama kali.

Baca Juga

Beras yang tidak dimasak sering mengandung spora (sel yang mampu bereproduksi dengan cepat) Bacillus cereus atau untaian bakteri yang dapat menyebabkan keracunan makanan, yang dapat bertahan hidup ketika nasi dimasak.

Jika beras dibiarkan pada suhu kamar setelah direbus, spora dapat tumbuh menjadi bakteri. Kemudian pada akhirnya akan berkembang biak dan dapat menghasilkan racun yang menyebabkan muntah atau diare.

Beras yang dimasak lebih lama dan dibiarkan pada suhu kamar, membuat kemungkinan bakteri yang akan membuat nasi tidak aman untuk dimakan semakin besar. Berarti penting bagi Anda untuk menyimpan beras dengan cara yang benar dengan cepat jika Anda berharap untuk memanaskannya nanti.

Jadi, bagaimana cara menghindari keracunan makanan? Pertama, sajikan nasi segera setelah dimasak dan dinginkan sisa makanan secepat mungkin. National Health Service merekomendasikan dalam waktu satu jam, idealnya. Anda kemudian dapat menyimpan beras di lemari es (tapi tidak lebih dari satu hari) sebelum dipanaskan kembali.

Perlu dicatat Anda juga harus memeriksa nasi yang 'panas mengepul' ketika memanaskannya kembali. Juga hindari memanaskannya lebih dari satu kali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement