Rabu 26 Sep 2018 08:31 WIB

Tips Memasak Nasi tanpa Rice Cooker

Memasak nasi dengan kompor merupakan teknik lama yang sebenarnya tidak sulit.

Rep: MGROL 106/ Red: Indira Rezkisari
Memasak beras menjadi nasi.
Foto: Pixabay/Moritz320
Memasak beras menjadi nasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penanak nasi elektrik memang sangat berguna. Akan tetapi, penanak nasi tidak dapat digunakan ketika tidak ada saluran listrik.

Zaman dahulu, nasi memang tidak dimasak menggunakan penanak elektrik atau rice cooker. Orang zaman dulu mengenal teknik meliwet beras hingga jadi nasi atau merebus beras lebih dulu dan mengukusnya. Teknik yang sudah mulai dilupakan ini padahal berguna bagi mereka yang jarang memasak nasi, hingga tidak memiliki penanak elektrik.

Baca Juga

Memasak nasi dengan kompor sebenarnya tidak sulit, semua yang Anda butuhkan hanyalah secangkir butiran beras, panci, air, dan kompor. Berikut tiga cara terbaik ala The Kitchn, Rabu (26/9), untuk memasak beras putih, beras merah, dan beras aromatik (melati dan basmati) di atas kompor.

Pertama, bilas beras terlebih dahulu. Beras, seperti kacang kering, merupakan produk pertanian. Artinya, beras berasal dari ladang dan bisa saja sudah tercampur tidak hanya dengan beberapa kotoran, tetapi juga serpihan-serpihan lain.

Selanjutnya, apabila Anda menggunakan beras putih berukuran panjang, maka metode yang cocok untuk digunakan adalah metode pendidihan dan penguapan. Dalam metode ini, beras ditaruh di dalam air hingga mendidih. Setelah air terserap ke dalam beras, biarkan beras menguap sampai menjadi nasi dan siap untuk dimakan.

Sementara untuk beras merah, rasanya seperti kacang, serta memiliki tekstur yang enak dikunyah. Biasanya, beras merah dimasak hingga memiliki tekstur seperti permen karet.

Metode untuk memasak beras merah sebenarnya sangat mudah. Masukkan beras ke dalam panci yang sudah berisi air mendidih, kemudian aduk beras tersebut sembari mengambil sisa-sisa gabah yang terbawa. Setelah beras terasa lunak dan kenyal, segera tiriskan air, kemudian kukus nasi merah tersebut.

Untuk memasak beras basmati atau melati, disarankan untuk menggunakan metode pilaf. Pertama, lapisi beras dengan mentega, kemudian taruh di dalam air mendidih. Kemudian, masak hingga semua air terserap ke dalam beras, kemudian uapkan nasi yang sudah matang tersebut hingga nasi mengeluarkan aroma sedap.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement