Senin 10 Sep 2018 03:02 WIB

Tren Pesta Pernikahan 2019 Menurut Pakar

Diantaranya adalah pesta pernikahan yang lebih ramah lingkungan

Rep: Christiyaningsih/ Red: Hazliansyah
Penjaga stan berada di dekat sejumlah manekin berbusana pengantin kontemporer, pada Pameran Pernikahan (Wedding Expo) di Semarang, Jawa Tengah, Kamis (18/1).
Foto: Antara
Penjaga stan berada di dekat sejumlah manekin berbusana pengantin kontemporer, pada Pameran Pernikahan (Wedding Expo) di Semarang, Jawa Tengah, Kamis (18/1).

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Industri pernikahan tak jauh berbeda dengan industri fesyen. Setiap tahun, selalu ada tren baru yang muncul di perhelatan pesta pernikahan.

Memasuki bulan-bulan terakhir 2018, pelaku industri pernikahan mulai mengendus apa yang akan menjadi tren pada 2019.

Hamish Shephard dari aplikasi wedding organizer Bridebook.co.uk memaparkan prediksinya untuk tahun depan. Dilansir dari Independent, berikut beberapa hal baru pesta pernikahan yang diramalkan akan jadi tren tahun 2019.

1. Gaun pesta lebih nyaman dan fungsional

Dewasa ini, pengantin wanita lebih menomorsatukan kenyamanan gaun pesta ketimbang keindahannya. Shephard memprediksi ke depan gaun-gaun pesta dengan saku atau kantung akan bermunculan. Di saku tersebut, pengantin dapat menyimpan benda-benda kecil yang dinilainya penting untuk dibawa sepanjang pesta berlangsung.

Wanita yang menikah di 2019 kemungkinan juga mengambil gaun pernikahan Meghan Markle sebagai inspirasinya. Potongan gaun yang sederhana tanpa banyak detil seperti gaun besutan Givenchy tersebut akan makin banyak dilirik calon pengantin.

2. Lebih berwarna

Jika prediksi Shephard tidak meleset, tahun depan pesta pernikahan akan lebih berwarna. Warna-warna konvensional yang selama ini identik dengan pernikahan seperti putih atau kuning gading akan sedikit tersisihkan. Sebagai gantinya, pesta pernikahan mengambil tema warna yang lebih mencolok seperti merah, merah muda, atau oranye. Menurut Shephard pamor gaun pernikahan warna metalik atau kuning emas pun ikut terkerek tahun depan.

3. Pesta yang lebih peka lingkungan

Tema pesta yang ramah lingkungan dan peduli terhadap sesama mulai dikenalkan dalam hajatan pernikahan. Menu makan serba organik, bunga yang bisa ditanam kembali, serta meminimalkan penggunaan plastik adalah beberapa contoh penerapannya.

Sepupu Pangeran Harry, Putri Eugenie, belum lama ini mengungkap pesta pernikahannya dengan Jack Brooksbank akan digelar bebas plastik. Shephard juga menuturkan menyumbangkan hadiah pernikahan untuk gerakan amal juga bisa menjadi tren. Hal tersebut sudah dicontohkan oleh Pangeran Harry dan Meghan Markle yang mendonasikan seluruh hadiahnya untuk kegiatan amal.

4. Adopsi teknologi

Video-mapping dan drone kini semakin banyak diadopsi untuk berbagai acara tak terkecuali pernikahan. Shephard mengatakan penggunaan teknologi-teknologi tersebut akan menciptakan atmosfer tersendiri terutama dalam hal pendokumentasian pesta. Menurutnya menyorot suasana pesta dari ketinggian menggunakan drone adalah salah satu ide bagus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement