Sabtu 08 Sep 2018 04:00 WIB

Kiat Bercukur untuk Si Wajah Berjerawat

Kulit wajah berjerawat harus menghindari krim cukur berbahan alkohol agar tak iritasi

Rep: MGROL 111/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Pria bercukur
Foto: makeupstudio.in
Pria bercukur

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi pria mencukur mungkin terdengar seperti rutinitas perawatan kulit yang sederhana. Tapi jika kulit wajah anda bermasalah bisa menjadi sebuah pengecualian.

Ketika wajah berjerawat pasti akan sangat sulit untuk mencukur karena bisa terjadi iritasi. Apalagi misalnya kita harus pergi di kala akhir pekan ini, dan terburu-buru sehingga menjadi masalah.

Berikut kiat-kiat mencukur jika memiliki jerawat yang telah dilansir dari Times Of India:

1. Bersihkan kulit Anda

Sebelum Anda mencukur, pertama-tama bersihkan dulu kulit wajah anda. Ambil handuk panas dan letakkan di wajah Anda untuk beberapa waktu. Ini akan membantu melembutkan kulit dan membuka folikel rambut.

2. Oleskan minyak cukur

Sekarang, oleskan minyak cukur sebelum krim cukur. Ini akan membantu memberi Anda pencukuran halus, karena silet akan meluncur dengan mudah tanpa menyebabkan torehan. Cukup oleskan beberapa tetes minyak dan pijat dengan benar.

3. Pilih krim cukur bebas alkohol

Jika Anda memiliki kulit berjerawat, pilih krim cukur yang bebas dari alkohol atau wewangian. Anda harus menghindari krim dengan bahan-bahan sintetis, karena dapat mengiritasi kulit Anda. 

4. Pilih pisau cukur yang bagus

Jika Anda memiliki kulit sensitif, pilih silet dengan satu pisau. Pisau cukur dengan beberapa bilah akan menciptakan lebih banyak peluang untuk mengiritasi jerawat. Pastikan Anda membersihkan silet dengan lotion anti bakteri sebelum dan sesudah.

5. Ikuti pertumbuhan rambut

Pastikan Anda mengikuti pertumbuhan rambut saat bercukur, ini akan membantu Anda mendapatkan hasil cukur yang halus. Ini akan membuat anda tidak mengacaukan jerawat atau menyebabkan lebih banyak jerawat.

6. Terakhir, bilas!

Setelah Anda mencukur, bersihkan wajah dengan air hangat. Jika terlalu lengket, gunakan pembersih yang lembut. Sekarang gunakan pelembap atau lotion setelah bercukur untuk melembabkan kulit Anda. Pastikan bebas alkohol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement