Rabu 05 Sep 2018 08:32 WIB

Takut pada Kecoa Bisa Diatasi dengan Terapi

Terapi terhadap kecoa bisa memanfaatkan teknologi seperti augmented reality.

Rep: Christiyaningsih/ Red: Indira Rezkisari
Hewan kecoa
Foto: Max Pixel
Hewan kecoa

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA -- Rasa takut pada kecoa kadang dialami oleh orang-orang di sekitar kita atau bahkan oleh diri kita sendiri. Kecoa bukan hewan buas dan ukurannya pun rata-rata hanya sebesar ibu jari. Namun, tak bisa dipungkiri banyak orang yang takut pada binatang tersebut. Apalagi jika kecoa sudah bermanuver dengan terbang ke sana kemari, dijamin bisa membuat kita menjerit-jerit.

Sebenarnya cara termudah melumpuhkan kecoa adalah dengan menyemprotkan obat serangga. Akan tetapi tidak semua orang mau mendekati kecoa untuk menyemprot spray anti serangga. Menurut Jolene Hwee, seorang psikolog sekaligus psikoterapis, orang yang takut kecoa bisa diterapi dengan cara yang sederhana.

Dikutip dari Channel News Asia, Hwee mengatakan katsaridaphobia atau takut pada kecoa bisa dilenyapkan perlahan-lahan. "Terapi standar untuk segala macam fobia adalah dengan terapi paparan," ungkap pendiri lembaga Woman Care ini. Hwee, yang juga dulu takut kecoa, menerangkan terapi paling dasar adalah mengajak bicara tentang kecoa.

"Mulailah berdiskusi tentang kecoa. Setelah itu berlanjut dengan melihat-lihat foto kecoa. Jika sudah, teruskan terapi dengan melihat langsung kecoa yang sudah mati. Anda bisa melihat kecoa mati di kardus penyimpanan atau luangkan waktu ke museum melihat kecoa yang diawetkan. Biasakan melihat kecoa-kecoa yang hidup di sekitar anda," papar Hwee.

Selain terapi tersebut, augmented reality (AR) juga bisa membantu menghilangkan katsaridaphobia. Praktik itu sudah diuji coba oleh Universitat Jaume di Spanyol. Akademisi di sana memanfaatkan headset VR Google untuk menampilkan visual kecoa. Kecoa-kecoa yang ditampilkan mampu mengubah ukuran hingga menggerakkan antenanya.

Percobaan yang dilakukan kepada enam responden wanita ini menunjukkan hasil cukup memuaskan. Para responden yang tadinya ingin menjual apartemennya karena ada kecoa, mulai berani memegang kecoa di tangan selama beberapa detik.

Pengembang aplikasi pun tak mau ketinggalan menghadirkan solusi menyembuhkan fobia pada kecoa. Adalah aplikasi bernama AR Cockroach yang memberikan semacam tes keberanian menghadapi kecoa. Pengguna cukup memindai lantai rumahnya lewat ponsel kemudian aplikasi akan mulai bekerja.

Aplikasi akan memunculkan tampilan visual lubang-lubang kecil pada lantau yang dipindai. Dari lubang tersebut, muncul kecoa-kecoa di layar ponsel. Tugas pengguna sepanjang permainan adalah menyentuh kecoa di layar ponsel untuk mematikan hewan-hewan itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement