Rabu 29 Aug 2018 16:43 WIB

Yoga Bisa Dikenalkan Sejak Batita

Ahli kesehatan meyakini yoga mulai bisa diperkenalkan saat usia tiga tahun

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Anak sedang melakukan yoga
Foto: desmoineparent.com
Anak sedang melakukan yoga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak orang berpikir yoga hanya untuk orang dewasa, orang tua, atau orang yang sedang sakit saja. Padahal, revolusi yoga sekarang sudah boleh diperkenalkan kepada anak sejak berusia tiga tahun.

Ahli kebugaran dan kesehatan sekaligus instruktur yoga di FIT360, Amogh Shinde mengatakan yoga secara alami bisa dilakukan bayi dan balita. Jika Anda mengamati bayi dengan seksama, beberapa postur dan posisi tubuh mereka meniru gerakan yoga. Saat bayi tumbuh, perhatian mereka dialihkan ke berbagai hal berupa pembelajaran.

"Waktu tepat memulai yoga bisa tiga tahun ke atas. Memperkenalkan yoga pada anak sejak usia dini membantu mereka kelak berlatih yoga, sehingga bermanfaat kala mereka menangani masalah fisiologis dan kesehatan fisik," kata Shinde, dilansir dari Mid Day, Rabu (29/8).

Saat Anda memperkenalkan yoga pada anak, mulai perlahan dan konsisten. Langkah pertama adalah memilih asana - posisi tubuh - yang ingin mereka praktikkan, misalnya jungle theme asana dan butterfly asana.

Sementara anak-anak berlatih berpose, pastikan Anda sedikit demi sedikit menyempurnakan postur tubuh mereka. Jika sudah selaras, mereka bisa mengoreksi posturnya secara keseluruhan.

Penting juga memastikan pola pernapasan anak benar setiap melakukan asana. Ini membantu anak lebih rileks dan mengurangi nyeri otot dan sendi.

Cobalah memperkenalkan asana-asana baru dengan cara kreatif. Gunakan alat peraga atau teknik lain yang membuat latihan yoga lebih menyenangan.

Ketika anak menikmati latihan yoga sejak dini, mereka akan tumbuh dalam lingkungan positif, termasuk alam sadar dan bawah sadarnya. Ini membantu mereka menghadapi dunia penuh percaya diri. Mereka merasa nyaman dengan tubuh dan kulitnya sendiri. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement