Senin 13 Aug 2018 18:09 WIB

Sotong Pangkong Diusulkan Sebagai Warisan Budaya tak Benda

Pontianak mengusulkan satong pangkong dan ikan asam pedas.

Sotong pangkong (ilustrasi)
Foto: Antara/Jessica Helena Wuysang
Sotong pangkong (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK  -- Pemerintah Kota Pontianak, akan mengusulkan kuliner khas kota itu, yakni sotong pangkong dan ikan asam pedas sebagai warisan budaya tak benda. Sebelumnya dua kuliner khas kota ini juga sudah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda.

"Ke depan, Kota Pontianak akan mengusulkan kuliner berupa ikan asam pedas dan sotong pangkong sebagai warisan tak benda, setelah dua kuliner khas Pontianak, yakni paceri nanas dan sayok keladi ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda (WBTB) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI," kata Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kota Pontianak, Rendrayani di Pontianak, Senin (13/8).

Ia menjelaskan, hingga saat ini sudah ada enam budaya maupun kuliner khas Kota Pontianak yang sudah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda (WBTB) tersebut. "Mudah-mudahan untuk kuliner sotong pangkong dan ikan asam pedas nantinya juga ditetapkan sebagai WBTB," ujarnya.

Data Pemkot Pontianak, mencatat beberapa budaya maupun kuliner yang ditetapkan sebagai WBTB adalah meriam karbit tahun 2016, saprahan, arakan pengantin, dan tenun corak insang pada tahun 2017, serta tahun 2018 dua WBTB adalah paceri nanas dan sayur keladi, katanya.

Kuliner sotong pangkong berbahan dasar dari sotong (cumi) yang diolah dengan sambal kacang adalah salah satu menu khas masyarakat Melayu Pontianak yang biasa disantap saat Ramadhan .

Disebut sotong pangkong karena cara penyajiannya, cumi-cumi yang sudah dikeringkandipanggang, kemudian dipukul-pukul yang dalam bahasa Melayu disebut dengan dipangkong.

Sotong dipukul-pukul dengan menggunakan palu agar lembut dan rasanya gurih lalu dihidangkan dengan ulekan kacang tanah yang dibuat sambal cair pedas.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement