Ahad 12 Aug 2018 20:20 WIB

Tips Sembuhkan Memar Lebih Cepat

Memar tertentu memerlukan perhatian khusus yang harus diperiksakan ke dokter.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nur Aini
Luka memar di tangan
Foto: medicalnewstoday.com
Luka memar di tangan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tubuh pada dasarnya memiliki kemampuan untuk menyembuhkan sebagian besar kasus memar. Memar biasanya akan menghilang tanpa perawatan khusus dalam waktu sekitar dua minggu.

Meski begitu, banyak orang yang ingin menyembuhkan memar atau mengurangi nyeri yang berkaitan dengan memar lebih cepat. Medical News Today mengungkapkan setidaknya ada empat cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat penyembuhan memar atau meringankan nyeri terkait memar yang bisa dilakukan di rumah. Berikut ini adalah keempat cara tersebut.

1. Gunakan Kompres Es

Salah satu langkah awal untuk membantu proses penyembuhan memar adalah mengaplikasikan es di area memar. Area memar tersebut bisa dikompres dengan apapun yang beku, misalnya freezer pack, es batu, hingga sayuran beku.

Cara untuk mengompres memar dengan es atau objek dingin itu pun cukup mudah. Balutkan es batu atau objek dingin lain dengan handuk atau kain lalu tempelkan di area memar. Jangan tempelkan freezer pack langsung ke kulit karena dapat memperparah cedera.

Kompres dingin pada memar akan membantu memperlambat pendarahan dan mengurangi bengkak. Memberi kompres dingin sesaat setelah memar muncul dapat mengurangi ukuran memar dan mengurangi inflamasi.

2. Gunakan Krim Penyembuh

Ada beberapa krim yang dapat mempercepat proses penyembuhan memar, misalnya krim arnica, quercetin, vitamin B3, dan vitamin K. Beberapa obat yang dijual bebas juga bisa membantu proses penyembuhan memar seperti acetaminophen dan nonsteroidal anti-inflamattory drugs (NSAIDs). Obat-obat itu dapat mengurangi nyeri dan inflamasi di sekitar memar.

Hindari penggunaan aspirin karena dapat meningkatkan pendarahan. Penggunaan NSAIDs juga mungkin perlu dihindari jika memar terjadi setelah operasi atau memar memiliki ukuran yang besar karena dapat memperparah pendarahan.

3. Balut Memar

Penggunaan balutan yang elastis dan lembut pada 1-2 hari pertama setelah memar dapat mengurangi memar dan rasa tidak nyaman setelah cedera. Penggunaan balutan yang elastis dan lembut tersebut dilakukan saat bangun atau terjaga.

Balutan harus kokoh namun tidak kekat. Jika balutan menyebabkan area memar terasa kebas, geli atau tidak nyaman, maka balutan tersebut harus sedikit dilonggarkan atau dilepas.

4. Meninggikan Area Memar

Meninggikan area tubuh yang memar juga dapat membantu proses penyembuhan memar. Metode ini memiliki fungsi yang sama seperti mengompres dingin memar yaitu mencegah memar menjadi bertambah besar. Area memar sebaiknya ditinggikan dengan posisi yang nyaman.

Periksakan ke Dokter

Beberapa kasus memar mungkin memerlukan perhatian yang lebih serius. Kondisi itu bisa dikenali dengan beberapa tanda, misalnya memar yang disertai kecurigaan patah tulang, memar yang disertai kehilangan fungsi pada sendi, tungkai atau otot, dan memar yang disertai dengan peningkatan rasa nyeri.

Memar juga sebaiknya diperiksakan ke dokter jika memar muncul secara berulang di tempat yang sama, memar muncul tanpa sebab dan memar tidak sembuh dalam waktu dua minggu. Memar juga perlu diperiksakan ke dokter jika mengganggu penglihatan.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement