Selasa 07 Aug 2018 12:46 WIB

Jadi Bahan Ejekan Presiden, Cina Blokir Christopher Robin

Masyarakat Cina sering menggunakan Winnie the Pooh untuk mengejek Presiden Xi Jinping

Rep: Marniati/ Red: Indira Rezkisari
Film Christopher Robin.
Foto: dok Disney
Film Christopher Robin.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING--- Pemerintah Cina telah melarang perilisan film  Christopher Robin. Film ini diadaptasi dari penulis AA Milne yang juga menulis tentang Winnie the Pooh. Dalam film Christopher Robin terdapat cuplikan saat ia memberi nama bonekanya dengan sebutan Winnie the Pooh.

Dilansir The Guardian, Selasa (7/8), karakter Winnie the Pooh telah digunakan oleh masyarakat Cina untuk mengejek presiden mereka, Xi Jinping. Namun ternyata pemerintah tidak menyukai hal itu.

Ejekan dimulai ketika Xi mengunjungi AS pada 2013. Saat itu gambar Xi dan Presiden AS Barack Obama yang sedang berjalan bersama dibandingkan oleh publik Cina dengan Winnie yang berjalan berjalan dengan Tigger. Xi didibaratkan Winnie dan Obama Tiger karena tinggi badannya.

Kejadian serupa terjadi lagi pada 2014 saat pertemuan dengan perdana menteri Jepang, Shinzo Abe. Xi yang sedang berjabat tangan dengan Abe dibandingkan dengan gambar Winnie dengan Eeyore. Eeyore adalah seekor keledai yang pesimis di film Winnie the Pooh.

photo
Xi Jinping

Ketika meme ini menyebar, pemerintah Cina mulai menghapus gambar yang mengejek Xi. Situs web stasiun televisi AS HBO juga diblokir bulan lalu setelah komedian John Oliver berulang kali mengolok-olok Xi atas perbandingan sosoknya dengan Winnie.

Menurut Global Risk Insights perbandingan lain antara Xi dan Winnie selama parade militer pada 2015 menjadi gambar yang sangat dikecam oleh pemerintah Cina saat itu. Pemerintah Cina menganggap meme itu sebagai upaya serius untuk merusak martabat kantor kepresidenan dan Xi sendiri.

"Rezim otoriter sering menyentuh, namun reaksi itu membingungkan karena pemerintah secara efektif menghentikan kampanye citra publik yang positif dan organik untuk Xi. Reaksi Beijing sangat aneh mengingat fakta bahwa Xi telah melakukan upaya substansial untuk menciptakan kultus kepribadian yang menunjukkannya sebagai penguasa yang baik hati," kata laporan itu pada 2015 lalu.

Alasan lain untuk penolakan film Christopher Robin oleh pihak berwenang dimungkinkan karena Cina hanya mengizinkan 34 film asing yang dirilis di bioskop setiap tahun.  Christopher Robin adalah film Disney kedua yang ditolak rilis tahun ini, setelah A Wrinkle in Time diblokir, sementara  Ant-Man and the Wasp akan tayang bulan ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement