Ahad 29 Jul 2018 14:47 WIB

Mana yang Lebih Sehat, Teh Hitam Atau Kopi Hitam?

Keduanya sama-sama bermanfaat untuk meningkatkan imunitas.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Indira Rezkisari
Beragam jenis teh.
Foto: Skitterphoto/Peter Heeling
Beragam jenis teh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Teh hitam maupun kopi hitam, keduanya memiliki penggemar masing-masing. Jarang sekali ditemukan seseorang yang menyukai dua minuman ini sekaligus. Jika dilihat dari kasiatnya, sebenanrnya manakah yang lebih baik dikonsumi, kopi hitam atau teh hitam?

Teh Hitam

Teh hitam sangat cocok dinikmati saat musim dingin tiba. Teh hitam yang diseduh dengan air panas akan membantu menghangatkan tubuh. Minuman ini juga dapat meningkatkan level imunitas dengan kandungan antioksidannya seperti polifenol.

Polifenol sangat membantu dalam memerangi bakteri, memperkuat tulang hingga baik untuk mencegah kanker ovarium. Selain itu, teh hitam juga kaya akan alkylamine antigen dan tanin untuk memperbaiki imunitas. Dibandingkan dengan kopi, jumlah kafein dalam teh hitam jauh lebih sedikit.

Kopi Hitam

Kopi hitam sangat disukai oleh pecinta gym. Meskipun sering dianggap sebagai minuman yang tidak menyehatkan, mengonsumsi kopi hitam disebut bisa memperpanjang usia. Selain potasium dan magnesium, kopi hitam juga mengandung antioksidan seperti teh.

Baca juga: Kopi Panas Versus Es Kopi, Mana Lebih Baik?

Manfaat kopi hitam lainnya yaitu dapat mencegah beberapa penyakit seperti parkinson, kanker kulit ganas dan alzeimer. Selain itu, kopi hitam juga bermanfaat untuk penderita diabetes baik pada laki-laki maupun perempuan.

Lalu, manakah yang lebih baik?

Pada dasarnya, keduanya baik tergantung manfaat apa yang ingin diambil. Keduanya sama-sama memiliki manfaat untuk meningkatkan imunitas. Perbedaan yang paling mendasar dari keduanya yaitu jumlah kandungan kafein. Kopi hitam mengandung dua kali lebih besar kafein dibandingkan dengan teh hitam.

Jadi bagi Anda yang menbutuhkan minuman yang dapat membuat tubuh lebih segar dan semangat di pagi hari, kopi hitam adalah jawabannya. Namun, jika Anda membutuhkan minuman yang menghangatkan, maka teh akan lebih baik, dilansir Times of India.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement