Sabtu 14 Jul 2018 04:49 WIB

Makan Permen Ini Bantu Atasi Gula Darah Rendah

Faktor utama hipoglikemia adalah terlalu banyak insulin dalam aliran darah.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Ani Nursalikah
Permen anak-anak.
Foto: Wikimedia
Permen anak-anak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makan empat butir gummy bear jelly, tiga marshmallow besar, atau enam pastiles buah disebut bisa membantu mengatasi hipoglikemia alias gula darah rendah. Terutama, apabila dialami oleh pasien pengidap diabetes tipe 1.

Konsultan diabetes Inggris David Cavan mengatakan, semua kudapan itu mengandung cukup karbohidrat untuk meningkatkan gula darah. Dokter dengan 20 tahun pengalaman tersebut mengatakan jumlah karbohidrat di dalamnya kira-kira sebanyak 15 gram.

"Opsi idealnya adalah mengonsumsi makanan atau minuman kaya gula. Setelah itu tunggu 10 sampai 15 menit, cek kembali apakah level gula masih di bawah empat mmol/l," kata Cavan, dikutip dari laman Express.

Setelah penanganan itu, ada yang harus diperhatikan apabila pasien ingin melanjutkan dengan makan besar. Disampaikan Cavan, pasien sebaiknya membarengi dengan menambahkan dosis normal insulin atau sedikit dikurangi.

Jika hipoglikemia terjadi di antara waktu makan, disarankan mengudap camilan seperti buah segar atau sandwich tanpa tambahan insulin. Pasien pun harus memperhatikan faktor penyebab hipoglikemia yang dialami berdasarkan kebiasaan makan.

Cavan berujar, faktor utama hipoglikemia adalah terlalu banyak insulin dalam aliran darah. Penulis buku Take Control of Type 1 Diabetes itu menyebut pula alasan umum lain, yaitu mengonsumsi terlalu banyak insulin pada waktu makan atau aplikasi insulin basal.

Menurut Layanan Kesehatan Inggris (NHS), gula darah rendah dapat berbahaya jika tidak segera ditangani. Gejala awalnya berbeda pada semua orang, tetapi yang paling umum adalah rasa lapar, berkeringat, bibir kesemutan, sakit kepala, dan kelelahan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement