Kamis 05 Jul 2018 05:40 WIB

Ini Kiat Membiasakan Anak Gemar Menggosok Gigi

Beberapa hal ini bisa diperhatikan agar anak-anak merasa nyaman menggosok gigi.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Yudha Manggala P Putra
Anak belajar menggosok gigi.
Foto: Flickr
Anak belajar menggosok gigi.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG--Menanamkan kebiasaan menggosok gigi pada anak- anak sangat penting dilakukan. Tujuannya untuk menghindarkan penyakit dan beberapa gangguan yang bisa berakibat pada kerusakan gigi.

Sebagai orang tua, menanamkan kebiasaan tersebut harus dimulai semenjak fase anak- anak. Kendati begitu pembiasaan ini bukan menjadi persoalan yang mudah bagi sebagian orang tua.

Dokter Spesialis Gigi Rumah Sakit Islam (RSI) Sultan Agung Semarang, drg Rista Afriani Fauzia mengungkapkan, guna membantu orang tua agar mudah membiasakan anak- anak menggosok gigi perlu kiat jitu.

Menurutnya, ada beberapa hal yang harus dilakukan orang tua untuk memulai membiasakan gosok gigi pada anak. "Sehingga, anak- anak akan merasa nyaman untuk melakukan," ungkapnya, Rabu (4/7).

Yang pertama, jelas Rista, pemilihan sikat gigi yang tepat bagi anak. Untuk anak disarankan memilih sikat gigi yang kecil baik tangkai maupun kepala sikatnya. Sehingga mudah dipegang dan tidak merusak gusi.

Dalam pemilihan sikat gigi, lanjutnya, perhatikan pula bulu sikat yang tepat. Pilih sikat gigi dengan bulu sikat jangan terlalu keras. Namun pilih bulu sikat yang lembut dan jarang.

Pastikan pula ujung kepala sikat menyempit hingga mudah menjangkau seluruh bagian mulut si buah hati yang relatif mungil. "Karakter sikat gigi seperti ini akan membuat si kecil nyaman saat menggosok gigi," katanya.

Hal berikutnya yang perlu dikoreksi, masih lanjut Rista, adalah kebiasaan menggosok gigi. Sebab anak- anak masih jamak yang keliru saat mereka menggosok gigi.

Menggosok gigi yang benar,  dimulai dari bagian luar gigi. Untuk membersihkan bagian ini, dimulai dari daerah gusi tepi yaitu batas antara gusi dengan gigi lalu lakukan gerakan memutar perlahan. "Dengan demikian plak akan terlepas," tegasnya.

Menyikat bagian dalam berbeda dengan bagian luar. Sikat gigi di arahkan vertikal dan gunakan ujung bulu sikat untuk membersihkan bagian dalam gigi dengan gerakannya megikuti alur pertumbuhan gigi.

Gerakan dalam menyikat gigi bagian atas, dari arah atas ke bawah. Sebaliknya untuk gigi bawah, maka gerakan menyikatnya dari bawah ke atas. "Jadi gerakannya bukan dengan kiri-kanan " tambah Rista. 

Dengan tekhnik menyikat gigi yang benar, lanjutnya, maka kuman yang menempel pada gigi bisa bersih secara sempurna.

"Tips lain supaya anak gemar menyikat gigi , berikan lah pasta gigi dengan rasa buah, sehingga anak bersemangat untuk membiasakan menggosok gigi demi kesehatan mulut dan gigi," ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement