Kamis 21 Jun 2018 06:30 WIB

Jangan Abaikan 8 Sinyal Tubuh Ini

Jangan anggap sepele ketika tiba-tiba alis menipis atau mood swing berat.

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Kesehatan wanita harus dijaga dari berbagai aspek.
Foto: Republika/Prayogi
Kesehatan wanita harus dijaga dari berbagai aspek.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tubuh memiliki cara tersendiri untuk 'berbicara' ketika mengalami suatu masalah kesehatan. Cara 'berbicara' ini dapat ditunjukkan melalui tanda-tanda khusus pada area tubuh tertentu.

Sayangnya, ketidaktahuan seseorang membuat tanda-tanda ini kerap terabaikan begitu saja. Padahal jika tanda-tanda ini dikenali lebih cepat, kondisi kesehatan yang lebih serius bisa dicegah sedini mungkin.

Times of India merangkum setidaknya ada delapan tanda pada tubuh terkait kesehatan yang perlu mendapatkan perhatian dengan cepat. Berikut ini adalah kedelapan tanda tersebut.

Alis Menipis
Rambut alis yang menipis dapat mengindikasikan adanya disfungsi tiroid yang perlu ditangani tepat waktu. Namun, alis yang menipis tak selalu menandakan adanya disfungsi tiroid. Seiring bertambahnya usia, rambut maupun alis akan cenderung menipis. Meski begitu, berkonsultasi dengan dokter ketika menyadari adanya penipisan alis tetap disarankan.

Gatal pada Kulit
Ada banyak hal yang dapat memicu gatal pada kulit, seperti digigit serangga hingga reaksi alergi. Namun, rasa gatal pada kulit juga dapat menjadi pertanda adanya diabetes mellitus. Jika rasa gatal pada kulit terus-menerus terjadi dan tak tertahankan, sebaiknya periksakan diri ke dokter.

Perubahan Berat Badan Tanpa Sebab
Kenaikan atau penurunan berat badan yang terjadi tiba-tiba merupakan tanda yang tak boleh diabaikan. Menurut ahli, fluktuasi berat badan yang besar dapat menjadi indikasi adanya masalah kesehatan mental. Jika mengalami kenaikan atau penurunan berat badan seperti ini, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab sebenarnya.

Kaki Merah Jambu
Warna kaki yang terlihat merah jambu dengan tekstur kulit yang tampak tipis dan berkerut dapat menjadi pertanda adanya masalah metabolik. Salah satu di antaranya adalah diabetes. Ketika mengalami gejala ini, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk berkonsultasi dan mengecek kadar gula darah.

Jari Kaki Membengkak
Jari kaki yang membengkak dapat menjadi pertanda dari artritis psoriatik atau radang sendi psoriasis. Biasanya pembengkakan jari kaki ini tidak disertai dengan rasa gatal maupun iritasi. Ketika mengalami hal ini, segera periksakan diri ke dokter.

Kehilangan Nafsu Makan
Kehilangan nafsu makan tiba-tiba juga dapat mengindikasikan adanya gangguan metabolik. Jika kehilangan nafsu makan ini disertai dengan acid reflux atau asam lambung, kemungkinan tanda tersebut mengindikasikan adanya masalah gastroesophageal reflux disease atau GERD.

Mood Swing Berat
Perubahan suasana hati yang cukup berat, seperti merasa terlalu emosinal, terlalu marah atau terlalu senang dapat mengindikasikan adanya masalah kesehatan mental. Menurut ahli, emosi yang berfluktuasi dari gembira menjadi sedih tanpa sebab merupakan indikator depresi. Sebaiknya segera berkonsultasi ke tenaga profesional untuk mengetahui penyebab mood swing tersebut.

Kleptomania
Kleptomania merupakan gangguan kontrol impuls yang ditandai dengan dorongan mencuri yang berulang meskipun barang yang dicuri sebenarnya tidak menguntungkan maupun dibutuhkan. Kemunculan rasa ingin mencuri dapat mengindikasikan demensia. Oleh karena itu, ketika gejala ini muncul, sebaiknya segera berkonsultasi dengan tenaga ahli karena demensia dapat berujung pada masalah kesehatan fisik maupun mental yang serius.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement