Selasa 19 Jun 2018 10:42 WIB

Hugh Jackman Kembangkan Bisnis Sosial

Hugh ingin membantu membangkitkan komunitas petani kopi.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
Hugh Jackman
Foto: EPA
Hugh Jackman

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Hugh Jackman mencoba semaksimal mungkin untuk berkontribusi bagi orang lain. Dia mencoba membuat bisnis sosial yang bisa mendorong perekonomian masyarakat yang kurang mampu.

Ide tersebut terinspirasi dari Paul Newman dan bisnisnya Newman's Own. Jackman bekerja dengan badan amal World Vision untuk mengunjungi Ethiopia agar bisa mempelajari seluk beluk kopi perdagangan bebas.

Pemeran Logan itu bekerja di ladang dengan seorang petani bernama Dukale selama sehari, yang membuka matanya untuk pekerjaan yang merusak dan menantang kehidupan petani kopi. Pengalaman ini mendorong Jackman untuk menggabungkan hasratnya pada budaya kopi dengan kewirausahaan.

Bisnis sosial yang diberi nama "Laughing Man Coffee" ini akan mengembalikan 100 persen dari keuntungan penjualan ke yayasan. Keuntungannya masuk ke koperasi petani kopi di Huila, Kolombia.

"Kami telah mengatakan, kami ingin itu menjadi multi-cabang, sehingga cara apa pun kami dapat membantu membangkitkan masyarakat. Namun kami dapat membantu komunitas itu tumbuh dan berkelanjutan, itulah yang ingin kami lakukan," kata suami Deborralee Furness, dikutip dari EW, Selasa (19/6).

Baca juga: Artis Hollywood Kecam Kebijakan Zero Tolerance

Proyek itu akan membayar anak-anak untuk kuliah dan mendanai sistem irigasi, dapur baru, dan banyak lagi. Jackman menegaskan, setiap keuntungan yang ada akan digunakan untuk mendukung petani kopi.

"Setiap aspek bisnis kami harus membuat semua orang senang. Termasuk orang-orang yang menanam (kopi)," kata Jackman.

Lebih dari apa pun, Jackman bangga dengan beasiswa perguruan tinggi yang dapat mereka berikan. Dia menceritakan pengalamannya ketika mengunjungi komunitas petani kopi, salah satu petani memeluknya sebab anaknya bisa bersekolah dan itu menjadi kenangan yang tidak bisa dilupakan.

"Dan itu tidak ada hubungannya dengan apa pun yang pernah saya lakukan sebagai aktor. Dia memelukku dengan rasa syukur seorang ayah memberi kesempatan pada anak mereka. Kami menempatkan 100 anak melalui perguruan tinggi. Itu sangat memuaskan dan membesarkan hati," kata pemeran The Greatest Showman tersebut.


Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement