Ahad 10 Jun 2018 01:12 WIB

10 Hal yang Perlu Dilakukan untuk Perbaikan Kualitas Hidup

Ini membantu Anda mencapai kepuasan pribadi dan profesional selama sisa hidup Anda.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Israr Itah
Hidup sehat. Ilustrasi
Foto: Netdoctor
Hidup sehat. Ilustrasi

6. Mulai mengejar impian hidup

Jangan menunda mengejar tujuan hidup Anda. Mau beli rumah? Memiliki anak-anak? Menulis sebuah buku? Pilih salah satu dari tujuan hidup itu dan mulailah. Apa yang bisa kamu lakukan antara sekarang dan akhir tahun untuk memulai salah satunya?

7. Mulailah belajar untuk bahagia dengan apa yang Anda miliki 

Jika Anda puas dengan apa yang Anda miliki, Anda akan memiliki kehidupan yang lebih bahagia, kata aktor Robert Walker. 

Ini benar-benar tentang rasa syukur: Penelitian menunjukkan bahwa menghargai apa yang Anda miliki dapat meningkatkan kebahagiaan dan mengurangi perasaan negatif. Mungkin itu sebabnya Oprah Winfrey menyimpan jurnal bersyukur setiap hari selama bertahun-tahun. 

8. Berhenti berpikir Anda harus memuaskan semua orang

Anda tidak berkewajiban untuk bersikap baik kepada orang-orang yang tidak ramah kepada Anda. Apakah Anda memutuskan untuk mengurangi teman Facebook Anda hingga hanya 500 atau hanya bergaul lebih banyak dengan orang-orang yang membuat Anda bahagia, penting untuk menginvestasikan waktu dan energi Anda dengan bijaksana. 

9. Berhenti membandingkan diri Anda dengan orang lain

"Jika Anda tidak dapat melakukan beberapa hal dalam hidup dibandingkan dengan saudara dan teman Anda, maka berdamailah dengan diri Anda sendiri," saran Mahesh Kay. "Jangan kasar pada dirimu sendiri." 

Seperti yang ditulis oleh psikoterapis, terus-menerus melihat apa yang dilakukan orang lain tidak membantu Anda mencapai tujuan Anda. Anda akan lebih baik menghabiskan waktu memikirkan apa yang ingin Anda capai dan mengevaluasi kemajuan Anda di bidang-bidang tersebut. 

10. Mulai memaafkan diri sendiri atas kesalahan Anda

"Maafkan kesalahan diri Anda. Kita semua menghasilkan banyak hikmah dari itu. Jangan memikirkan kesalahan masa lalu - belajar dari mereka, biarkan mereka pergi, dan bergerak maju," tulis Liz Palmer. 

Seorang psikolog sosial mengatakan bahwa rasa sayang diri (kemampuan untuk memaafkan diri sendiri dan belajar dari kesalahan Anda) adalah pendorong utama kesuksesan. Itu mungkin karena orang yang mempraktekkan bela diri melihat kelemahan mereka sebagai jalan untuk berubah dan mencoba untuk menghindari membuat kesalahan yang sama di masa depan. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement