Ahad 10 Jun 2018 01:12 WIB

10 Hal yang Perlu Dilakukan untuk Perbaikan Kualitas Hidup

Ini membantu Anda mencapai kepuasan pribadi dan profesional selama sisa hidup Anda.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Israr Itah
Hidup sehat. Ilustrasi
Foto: Netdoctor
Hidup sehat. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak orang menghabiskan usia 20-an mereka untuk menjalani perilaku hidup tidak sehat. Misalnya tidur sampai jam 2 siang pada hari Sabtu dan menghabiskan semua uang tunai dalam sekali pakai. Namun memasuki usia 30-an, selayaknya itu Anda tinggalkan. Ini masa yang ideal untuk menyatukan kebiasaan yang akan membantu Anda mencapai kepuasan pribadi dan profesional selama sisa hidup Anda.

Berikut ini 10 hal yang harus Anda lakukan untuk perbaikan kualitas hidup pada usia 30-an, dilansir dari Independent. Ini membantu Anda mencapai kepuasan pribadi dan profesional selama sisa hidup Anda.

1. Berhenti merokok

Jika Anda sudah mulai merokok, segera hentikan. Meskipun Anda tidak dapat membatalkan kerusakan yang mungkin Anda alami akibat merokok, riset menunjukkan bahwa mereka yang berhenti sebelum usia 40 tahun memiliki risiko kematian 90 persen lebih rendah daripada mereka yang terus merokok.

2. Mulai tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari

Mungkin Anda tergoda untuk menggunakan akhir pekan menutup utang tidur Anda. Namun para ahli menyarankan agar Anda tidur dan bangun pada sekitar waktu yang sama setiap hari. 

Jika Anda kesiangan bahkan selama beberapa hari, para ahli mengatakan Anda berisiko mengatur ulang jam tubuh Anda ke siklus yang berbeda, sehingga Anda akan mulai lelah di kemudian hari. Hindari masalah tidur seumur hidup dengan tetap mengikuti rutinitas tidur dan bangun kapan pun Anda bisa.

3. Mulailah berolahraga secara teratur

"Cobalah untuk menggerakkan diri Anda sebanyak mungkin. Tidak masalah jika berjalan, bersepeda, berlari, angkat berat, hiking, berenang, selama itu melibatkan beberapa gerakan," kata Psikolog Alistair Longman.

Pada setengah dari usia 30-an Anda, Anda mulai kehilangan massa otot, jadi sangat penting untuk berolahraga saat ini. Tetapi ingatlah untuk memilih aktivitas fisik yang benar-benar Anda sukai, karena Anda cenderung tidak akan melanjutkannya jika Anda tidak menyukai olahraga Anda.

4. Mulailah membuat jurnal atau buku harian

Catatan tertulis Anda akan menghibur dan menimbulkan perasaan cinta pada masa depan Anda. Bahkan jika Anda lebih suka menyimpan renungan Anda untuk diri sendiri, menempatkan pikiran dan perasaan Anda di atas kertas dapat membantu Anda mengatasi peristiwa yang menegangkan. 

5. Mulai menabung

Membangun kebiasaan menabung lebih awal berarti Anda akan terus melanjutkannya. Mungkin tampak seperti tahun emas Anda adalah seumur hidup, tetapi semakin awal Anda mulai menabung, semakin banyak keuntungan yang Anda peroleh pada masa depan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement