Rabu 30 May 2018 17:10 WIB

Lima Ritual Agar Tidur Malam Berkualitas

Salah satunya dengan meninggalkan pekerjaan di kantor.

Rep: MGROL102/ Red: Yudha Manggala P Putra
Ilustrasi.
Foto: Amazon
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Menurut laporan terbaru Sleeptime Great British Bedtime sebanyak 30 persen orang mengalami kurang tidur setiap malamnya. Penyebabnya bisa stres, rasa khawatir, masalah dengan pasangan, kebisingan, atau tempat tidur tidak nyaman.

Untuk mengatasi hal itu, ada cara yang dapat dilakukan sebelum tidur. Penulis kesehatan ternama dan ahli nutrisi Jessica Sepel membagikannya ke dalam lima langkah seperti dikutip di laman Independent, Senin (28/5):

1. Meninggalkan pekerjaan di kantor

Jangan membawa pulang pekerjaan di kantor ke rumah agar terhindar dari stres. "Membawa pekerjaan di malam hari hanya akan meningkatkan kortisol dan adrenalin yang dapat menambah masalah kesehatan secara keseluruhan,” kata Sepel.

Untuk itu, coba menetapkan batasan waktu seperti tidak memeriksa email pekerjaan setelah jam 8 malam.

2. Makan malam sehat

Mengonsumsi makanan yang sehat sebelum tidur dapat membantu seseorang merasa rileks. Sepel merekomendasikan makan malam yang mengandung protein, lemak, dan serat yang sehat. Penelitian sebelumnya juga menunjukkan bahwa makan beberapa karbohidrat sebelum tidur dapat membantu seseorang merasa kantuk.

"Dan ketika kita makan malam, ingatlah untuk melakukannya dengan perlahan dan penuh perhatian,” saran Sepel.

3. Batasi Menatap Layar

Kita semua tahu bahwa cahaya yang dipancarkan dari ponsel, tablet, dan komputer dapat menghalangi kemampuan seseorang untuk tidur. Hal ini juga yang dilakukan Sepel setiap harinya. Dia berhenti melihat ponselnya setelah jam 8 malam.

4. Melakukan kegiatan yang santai

Menyiapkan tubuh dan pikiran sebelum tidur merupakan hal yang penting. Di antaranya bisa dengan mandi, menyalakan lilin, minum teh herbal, atau membaca.

"Saya suka mandi dengan beberapa tetes minyak esensial dan garam Epsom," kata Sepel. "Ini benar-benar membantu tubuh untuk beristirahat menjelang tidur."

Sepel mengatakan bahwa apa pun jenis relaksasi yang dipilih, usahakan untuk melakukan hal itu.

5. Siapkan tubuh untuk tidur

Sepel menyarankan untuk melakukan yoga selama sepuluh menit sebelum tidur dengan berbaring secara telentang dan posisi kaki menempel ke dinding.

Melakukan pose tersebut tidak hanya dapat meningkatkan sirkulasi, tetapi, Sepel mengatakan hal itu juga dapat menempatkan sistem saraf parasimpatik beristirahat dan mampu mencerna. "Ketika tubuh kita telah memasuki suasana tenang, jauh lebih mudah untuk beristirahat malam dengan nyenyak,” jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement