Senin 28 May 2018 12:51 WIB

5 Film Superhero Sukses yang Sempat Ganti Sutradara

Sutradara Wonder Women Patty Jenkins hampir menggarap film sekuel Thor.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Yudha Manggala P Putra
Thor : The Dark World
Foto: Youtube
Thor : The Dark World

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Perbedaan kreatif sering menjadi faktor suatu proyek film batal dikembangkan oleh sutradara. Meski film-film yang ditinggalkan merupakan calon besar peraih kesuksesan di masa depan.

Itu terjadi dalam daftar film-film superhero di bawah ini. Deretan film ini awalnya sempat ditangani sutradara yang berbeda. 

Sutradara Mad Max George Miller, misalnya. Ia  sebelumnya dikabarkan mengembangkan film Justice League. Dia bahkan berhasil melewati fase penulisan naskah dan casting. Namun jalan itu terputus sebab dia menangani Writers Guildof America tahun 2007-2008. 

Miller awalnya sempat mempercayakan Armie Hammer sebagai Batman, Adam Brody sebagai The Flash, dan D.J. Cotrona sebagai Superman.

Berikut daftarnya seperti  dikutip dari Indiewire, Senin (28/5):

1. Black Panther-Ava Duvernay

Black Panther arahan sutradara Ryan Coogler merupakan salah satu film tersukses Marvel Studio. Awalnya Ava Duvernay dipercaya menanganinya.

Namun, pembuat film Selma ini akhirnya menolak sebab ada perbedaan cerita yang ingin diangkat. "Pada akhirnya, masalah datang soal cerita dan perspektif. Dan kami hanya tidak melihat satu sama lain," kata DuVernay kepada majalah Essence.

2. Wonder Woman - Michelle Maclaren

Michelle MacLaren adalah pilihan pertama Warner Bros untuk mengarahkan film Wonder Woman. Namun, sutradara Games of Thrones dan The Walking Dead ini hanya bertahan sebentar sebelum hengkang karena perbedaan kreatif.

Sumber terdekat melaporkan pada Variety, kalau studio tidak tertarik pada gagasan MacLaren untuk mengubah Wonder Woman menjadi cerita yang terinspirasi Braveheart.

3. Ant-Man - Edgar Wright

Hengkangnya Edgar Wright dari penggarapan Ant-Man dilaporkan secara luas pada 2014. Wright dan penulis skenario Joe Cornish mulai mengembangkan Ant-Man pada t2003. Namun, keduanya hengkang pada Mei 2013 hanya beberapa pekan sebelum syuting akan dimulai.

Wright menyebutkan perbedaan kreatif alasannya. Menurutnya Marvel tidak "tertarik untuk membuat film Edgar Wright".

4. Doctor Strange - Guillermo Del Toro

Neil Gaiman mengungkapkan pada tahun 2005 bahwa dia sedang mengerjakan adaptasi Doctor Strange dengan Guillermo del Toro. Proyek ini tidak pernah terwujud karena Marvel tidak terlalu tertarik pada ide-ide duo itu untuk karakter tersebut.

Gaiman juga mengatakan jadwal sibuk del Toro menghalangi proyek berjalan, karena sedang mengembangkan film Hobbit dengan Peter Jackson pada saat itu.

5. Thor: The Dark World - Patty Jenkins

Sebelum Patty Jenkins bergabung dengan proyek DC, dia sudah terlebih dahulu dilirik Marvel Studio. Jenkins dikonfirmasi pada Oktober 2011 sebagai sutradara sekuel Thor.

Namun, Desember 2011, dia mengumumkan keluar dari proyek besar itu dengan alasan perbedaan kreatif. Ide Jenkins untuk sekuel Thor dikabarkan membuatnya ala Romeo dan Juliet yang terinspirasi antara Thor dan Jane (Natalie Portman). Hanya saja, Marvel menginginkan petualangan yang lebih intergalaksi.

Patty Jenkins kemudian mengarahkan film Wonder Women yang sukses ketika diluncurkan pada 2017.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement