Rabu 23 May 2018 14:46 WIB

Pria Ini Sulap Denim Sisa Jadi Karya Seni Menakjubkan

Ian Berry membuat karya seni dari 2.000 celana jins yang tidak terpakai.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Yudha Manggala P Putra
Pembalap Ayrton Senna yang digambar dari kain sisa jins.
Foto: BBC
Pembalap Ayrton Senna yang digambar dari kain sisa jins.

REPUBLIKA.CO.ID, HUDDERSFIELD -- Saat melihat tumpukan jins bekas, sebagian orang mungkin akan menjual, membuang, mendaur ulang, atau mendonasikannya. Berbeda dengan Ian Berry yang menyulap celana berbahan denim itu menjadi karya seni.

Seniman asal Huddersfield, Britania Raya, tersebut memanfaatkan sekitar 2.000 celana jins yang tidak terpakai. Karya tampak seperti lukisan cat dari kejauhan, tetapi sesungguhnya merupakan gabungan perca denim.

Berry menciptakan nuansa gelap dan terang dari tekstur kain yang berbeda. Kemudian, pria 34 tahun itu mulai berkreasi menggunting denim dan menempelkan bagian-bagiannya dengan lem sampai menyerupai bentuk tertentu.

"Saya memotret sesuatu dan mereplikasikannya pada kain. Dari denim ini, saya bisa membuat jendela yang berkilau, bayangan, atau apa saja," ujarnya, dikutip dari laman BBC.

Awalnya Berry menggunakan setumpuk jins tua yang dia temukan di lemari pakaian di rumah. Kemudian, jins-jins lain terkumpul dari keluarga, sahabat dekat, masyarakat, bahkan perusahaan pakaian.

Tema karyanya berkaitan dengan apa yang dia lihat di sekitarnya di kota kediamannya, London. Ada tema keluarga, kegiatan rumah tangga, kritik sosial, hingga profil pembalap mobil Ayrton Senna.

Berry sudah memamerkan karyanya di museum, galeri, serta pameran seni Inggris, Swedia, dan Amerika Serikat. Dia berharap dapat membawa karyanya ke sederet tempat lain, menjangkau orang-orang di luar galeri seni.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement