Rabu 23 May 2018 11:53 WIB

Rahasia Raline Shah Menjadi Lebih Baik

Raline rajin mencatat tantangan baginya untuk berubah jadi sosok lebih baik.

Rep: MGROL 103/ Red: Indira Rezkisari
Raline Shah
Foto: MGROL 103
Raline Shah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Raline Shah dikenal sebagai artis multi talenta dan berjiwa sosial tinggi. Kegiatannya dalam bidang hiburan dan amal membuatnya terus ingin menjadi pribadi yang lebih baik. Baginya, menjadi lebih baik dimulai dari kesehatan.

“Menjadi lebih baik itu berbeda-beda versi, menurut aku pribadi, menjadi lebih baik dimulai dari kesehatan jasmani. Lalu kesehatan mental jiwa setelah itu kesehatan spiritual,” ungkap Raline Shah, dalam acara Tokopedia beberapa waktu lalu.

Raline mengaku selalu menantang dirinya sendiri dalam segala hal, termasuk kesehatan. Memberikan nutrisi yang lebih kepada tubuh, baginya dapat memberikan dampak yang positif. “Aku selalu challenge diriku secara fisik dengan nutrisi yang lebih baik, karena kalau jasmani sudah sehat, maka mental juga akan kuat untuk menghadapi hari-hari,” jelasnya.

Hal lain yang tak ketinggalan adalah menulis. Raline terinspirasi dari teman-teman yang melakukan kegiatan 5 Minutes Journal untuk mendorong dirinya menjadi lebih disiplin dan menuai banyak manfaat. “Saya sendiri punya diary yang isinya what could I have done better. Teman dari Amerika kasih tahu five minute journal, yang isinya apa yang kamu syukuri dan malam hari apa yang bisa aku lakukan lebih baik besok,” ujar dia.

Kegiatan yang telah dilakukan Raline selama enam bulan ini rutin dilakukan Raline untuk mengingatkan dirinya tentang bersyukur dan memperbaiki diri. Jurnal lima menit itu disebutnya berisi kutipan, kemudian tantangan tiap minggu. Disambung dengan menulis tiga hal yang disyukuri tiap pagi dan apa yang ingin dilakukan hari itu.

"Setiap malam tulis tiga hal apa yang bisa diperbaiki dari hari ini. Dan yang membuat hari itu amazing,” tuturnya.

Selama enam bulan, setelah melihat tulisan-tulisan sebelumnya Raline merasa senang karena banyak hal yang sudah ia syukuri dan hal-hal yang akhirnya ia perbaiki. “Mungkin terlihat sedikit ya, tapi ketika sudah sebulan dua bulan dan sekarang enam bulan, aku jadi bisa lihat banyak hal yang udah aku syukuri, dan perbaikan-perbaikan meski kecil tapi terus di akumulasi akan jadi banyak juga,” akunya.

Raline mengaku harus mendisiplinkan diri menulis, karena dengan menulis kita akan otomatis mengingat hal-hal yang bisa diperbaiki dan otomatis kita juga akan memperbaiki diri. Baginya menjadi lebih baik itu penting. Ia menilai statis dalam kehidupan bukan hal buruk, selama hidupnya tidak lebih buruk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement