Senin 30 Oct 2023 16:32 WIB

Dianggap Pro Israel, Unggahan Ceasefire Raline Shah Diprotes Warganet

Raline dianggap warganet abu-abu dalam menyikapi serangan Israel ke Palestina.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Friska Yolandha
Raline Shah
Foto: Republika/Rahma Sulistya
Raline Shah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Unggahan media sosial aktris Raline Shah yang menyuarakan gencatan senjata antara Israel dan Palestina memicu reaksi keras dari warganet. Lewat akun media sosial @ralineshah, sang aktris mengunggah imbauan gencatan senjata atau ceasefire.

"Ceasefire now. End the siege on Gaza. (Lakukan gencatan senjata sekarang. Akhiri serangan berlarut-larut di Gaza)," ujar Raline pada Ahad (30/10/2023). 

Baca Juga

Foto yang dia unggah menampilkan data dari gazaispalestine.com, mengenai korban jiwa di Gaza. Dalam foto itu, terpampang data memilukan bahwa sebanyak 6.546 warga Palestina telah terbunuh akibat serangan Israel. Lebih dari 2.700 korban jiwa adalah anak-anak. 

Namun, aksi Raline mengunggah hal tersebut justru menjadi sasaran nyinyiran oleh warganet. Ada apa?

 

Rupanya, hal itu bermula dari unggahan Raline sebelumnya yang dianggap warganet "abu-abu" dalam menyikapi serangan Israel ke Palestina. Raline mengunggah status tersebut pada Jumat, 20 Oktober 2023, di mana dia menyatakan memihak pada kemanusiaan dalam konflik Israel-Palestina.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Raline Shah (@ralineshah)

"Memihaklah pada anak-anak yang tidak bersalah, keluarga, sesama manusia, tidak peduli di sisi mana mereka berada. Mereka tidak punya pilihan di mana mereka ditakdirkan. Musim, Yahudi, dan Nasrani semuanya bersaudara. Kejahatan ada di pemerintahan yang menyebarkan perang, keserakahan, dan transaksi senjata," tulis Raline.

Dia mengimbau warganet untuk berhenti mengikuti propaganda yang mendorong kebebasan, perdamaian, dan keamanan warga sipil. Alih-alih demikian, Raline mengajak semua orang berdoa supaya terjadi negosiasi yang menempatkan semua manusia setara dan menempatkan kehidupan manusia sebagai prioritas.

Dengan kesan netral di unggahan awal tersebut, banyak warganet meminta Raline untuk bersikap tegas. Namun, respons berikutnya dari Raline di kolom komentar yang membuat sebagian warganet kecewa. Meski kini sudah dihapus, respons itu sudah terlanjur beredar dan viral.

Dalam tangkapan layar jawaban Raline itu, ada akun Instagram @harif*** yang langsung "menodong" Raline supaya tidak bersikap abu-abu. Hal itu mengingat penderitaan rakyat Palestina yang kehilangan keluarga, sementara banyak pihak di Israel mengunggah konten tentang pesta dan perayaan.

Tanggapan Raline selanjutnya yang membuat berang penggemarnya. "Hal baik apa yang akan terjadi jika saya mengungkapkan keberpihakan? Hanya semakin banyak kebencian. Anda kira seorang perempuan seperti saya bisa membantu dengan memposting di Instagram tentang pihak mana yang saya bela? Saya hanya membela manusia," kata Raline dalam bahasa Inggris.

Tangkapan layar komentar Raline Shah terkait perang Israel vs Palestina itu turut diunggah akun X @alterrrego_ pada 28 Oktober 2023. Pada Senin (30/10/2023) sore, unggahan akun X tersebut sudah dilihat 4,9 juta kali. Itu sebabnya saat Raline membuat unggahan terbaru soal dukungan terhadap Palestina di Instagram dan imbauan gencatan senjata, banyak yang mencibirnya.

"Udah dirujak baru berpihak ke Palestine ya Mbak?" kata pengguna Instagram @adrianalev***. "Maaf hilang respek. Ini bukan perang tapi genosida Mbak," tutur warganet @dhyl***. "Ga bisa netral Mbak, maaf yah. Ini bukan Pemilu," ungkap @stype.***. "Menjadi netral di tengah konflik genosida yang terjadi, apalagi dengan segala power dan privilege yang kamu punya. I really disappointed with you, Mbak," ujar @alunacenta***.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement