Senin 21 May 2018 02:30 WIB

Sutradara Jepang Raih Palem Emas di Festival Cannes 2018

Sutradara Hirokazu Kore-eda meraih Palme d'Or untuk filmnya Shoplifters.

Festival Film Cannes
Foto: cannes
Festival Film Cannes

REPUBLIKA.CO.ID, CANNES -- Sutradara Jepang Hirokazu Kore-eda meraih Palme d'Or di Festival Film Cannes pada Sabtu (19/5) waktu setempat) atas filmnya, Shoplifters. Film ini memukau penonton karena penggambaran halus tentang kehidupan keluarga dan plot mengejutkan.

Kemenangan sutradara dengan hadiah pada festival pada tahun-tahun sebelumnya itu mematahkan spekulasi bahwa penghargaan Palme akan diraih wanita sutradara.

Satir politik karya Spike Lee berjudul BlacKkKlansman, yang berdasarkan atas kisah nyata seorang perwira polisi kulit hitam, yang menyusup ke Ku Klux Klan pada 1970-an, mendapatkan penghargaan runner-up, Grand Prix.

Wanita sutradara Nadine Labaki dari Lebanon, merebut Hadiah Juri atau setara dengan medali perunggu atas karyanya, Capharnaum, drama realis tentang pengabaian masa kanak-kanak di daerah kumuh Beirut.

Sementara itu, Pawel Pawlikowski dari Polandia memenangkan Sutradara Terbaik untuk karyanya Cold War, sebuah romansa yang bergerak dari kalangan petani Polandia ke klub jazz Paris dan kembali pada rentang waktu dari tahun 1940-an hingga 1960-an.

Girl, drama Belgia tentang perjalanan gadis remaja menjadi pebalet, yang disutradarai Lukas Dhont, mendapatkan Camera d'Or untuk sutradara awal terbaik.

Cannes Film Festival 2018 merupakan gelaran ke 71 yang digelar di Cannes, Perancis pada 8-19 Mei 2018. Palme d'Or atau Palem Emas merupakan penghargaan tertinggi dan paling prestis di Festival tahunan ini.  Pada 2017 penghargaan jatuh ke tangan sutradara Swedia Ruben Ostlund atas filmnya The Square.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement