Selasa 08 May 2018 07:00 WIB

Sutradara Black Panther Ungkap Nasib Ibu Killmonger

Eric Killmonger adalah tokoh yang digambarkan punya masa lalu menyedihkan.

Rep: Christiyaningsih/ Red: Yudha Manggala P Putra
Eric Killmonger.
Foto: The Atlantic
Eric Killmonger.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Erik Killmonger adalah tokoh dalam film Black Panther yang digambarkan punya masa lalu menyedihkan. Dalam film tersebut, Killmonger hanya diperlihatkan punya ayah. Lalu, di manakah ibunya? Ryan Coogler sang sutradara Black Panther baru-baru ini mengungkapnya.

Dilansir dari the Hollywood Reporter, Coogler mengatakan bahwa Killmonger memang ditampilkan sebagai sosok tanpa ibu di Black Panther. Ayah Killmonger yang bernama N'Jobu adalah saudara dari raja Wakanda. N'Jobu jatuh cinta pada seorang wanita di Oakland. Wanita itu bukanlah warga Wakanda.

N'Jobu dan pujaan hatinya itu akhirnya punya anak, yakni Erik Killmonger. Di tengah keluarga dengan wanita yang dicintai dan anaknya, Killmonger, N'Jobu punya cita-cita menjadikan Wakanda sebagai negara yang terbuka. N'Jobu juga ingin menolong orang-orang yang hidup di luar Wakanda.

Dalam scene awal Black Panther, penonton melihat N'Jpbu dan versi muda Zuri membuat sebuah rencana di apartemen di Oakland. "Idenya adalah penonton menyaksikan para pria berdiskusi tentang sebuah rencana. Mereka ingin mendobrak penjara untuk menyelamatkan ibu Killmonger. Namun, rencana mereka gagal dan ibu Killmonger akhirnya meninggal di penjara. Oleh karena itu, Killmonger hadir sebagai tokoh tanpa ibu," kata Coogler menjelaskan.

Menurut Coogler, momen paling penting dari film besutannya adalah tatkala T'Challa mengetahui bahwa ayahnya, T'Chaka, membunuh N'Jobu. Saat dibunuh, ayah Killmonger itu punya rencana menolong orang-orang di seluruh dunia dengan vibranium.

Setelah T'Chaka membunuh saudaranya, ia meninggalkan keponakan yang juga anak N'Jobu, yakni Killmonger, sendirian di Oakland. Oleh karena itu, rakyat Wakanda tidak mengetahui kejadian apa yang sebenarnya menimpa N'Jobu.

Barulah setelah dewasa Killmonger membalaskan dendam kematian ayahnya sekaligus ingin memenuhi cita-cita ayahnya. Coogler juga mengungkan bahwa sutradara The Godfather Francis Ford Coppola melihat scene yang dipotong dari Black Panther.

Menurut Coogler, adegan favorit Coppola adalah ketika penonton mengetahui apa yang sebenarnya terjadi pada N'Jobu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement