Kamis 03 May 2018 20:42 WIB

Fotografer Ini Dobrak Stigma Tentang Jerawat

Sophie Harris-Taylor mengabadikan perempuan yang tetap percaya diri meski berjerawat.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Yudha Manggala P Putra
Foto wanita berjerawat hasil jepretan fotografer Sophie Harris-Taylor.
Foto: Refinery29.uk
Foto wanita berjerawat hasil jepretan fotografer Sophie Harris-Taylor.

REPUBLIKA.CO.ID, INGGRIS -- Kulit wajah cerah tanpa noda menjadi sesuatu yang diidam-idamkan banyak perempuan. Hal itu tidak terlepas dari propaganda industri kecantikan yang menampilkan iklan produknya dengan model sempurna.

Akibatnya, banyak perempuan berusaha terlalu keras untuk tampil sempurna. Mereka tidak ingin terlihat kacau di depan kamera dan memiliki standar tertentu untuk memperlihatkan dirinya lewat media sosial.

Fotografer Inggris Sophie Harris-Taylor berusaha mendobrak semua itu. Dia mengabadikan sejumlah perempuan yang tetap percaya diri meski wajahnya mengalami gangguan kulit seperti jerawat, psoriasis, dan rosasea.

"Saya ingin membuat serangkaian karya yang memberdayakan dan mengajak perempuan mencintai kulit mereka apa adanya, terlepas dari kondisi apapun," kata Sophie, dikutip dari laman Refinery29.

Perempuan yang berdomisili di London itu mengatakan, lingkungan sekitar kerap menerpa perempuan dengan persepsi yang salah. Seakan-akan, mereka dibuat percaya bahwa kulit sempurna adalah yang tanpa 'cacat'.

Pada koleksi foto berjudul "Epidermis" itu, Sophie memotret belasan perempuan dengan gaya berbeda. Mereka tidak ragu mengekspresikan diri walaupun pipi, dagu, dahi, atau punggungnya berjerawat.

"Sikap positif adalah ketika Anda menerima semua jenis kulit dan menyatakan dengan tegas bahwa Anda tidak harus memiliki jenis kulit tertentu untuk menjadi cantik," ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement