Jumat 13 Apr 2018 08:01 WIB

Resep Kunyit Shot untuk Meraih Kesehatan Paripurna

Kunyit sudah lama dikenal berkhasiat menjaga kesehatan tubuh.

Rep: Christiyaningsih/ Red: Indira Rezkisari
Meminum jamu secara rutin merupakan resep tradisional menjaga kesehatan.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Meminum jamu secara rutin merupakan resep tradisional menjaga kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kunyit adalah salah satu rempah yang punya khasiat luar biasa. Kunyit termasuk tanaman herbal paling populer yang dikenal masyarakat Indonesia sebagai bahan racikan jamu. Pendiri kafe Suwe Ora Jamu, Nova Dewi, membagikan ilmunya meracik rempah kuning ini sehingga menjadi minuman sehat yang disebutnya kunyit shot.

Bahan yang dibutuhkan adalah 150 gram kunyit segar dan 150 mililiter air. Kupas kulit kunyit dan cuci hingga bersih. Setelah itu tuangkan air ke dalam parutan kunyit lalu diperas. Saring sari kunyit tersebut dengan saringan halus. "Peras sekali lagi untuk memastikan kita mendapatkan semua sari kunyitnya," imbuh Nova.

Setelah diperas, masak sari kunyit di atas api kecil hingga keluar asap namun jangan sampai mendidih. "Tuang kunyit ke dalam gelas dan kunyit shot siap diminum," kata Nova. Agar rasa lebih nikmat, kunyit shot bisa diminum dengan campuran madu, garam, atau perasan jeruk nipis.

Republika.co.id berkesempatan mencicip kunyit shot ala kafe Suwe Ora Jamu besutan Nova. Aroma langu khas kunyit sangat terasa dan ketika air kunyit menyentuh lidah ada rasa yang sedikit pahit. Demi mengurangi rasa pahit itu, kunyit shot memang sebaiknya dihabiskan dalam sekali tenggak.

Rempah bernama latin Curcuma domestica itu punya kandungan utama kurkumin yang berfungsi mengobati hepatitis, gangguan pencernaan dan lambung, batuk, pembengkakan amandel, anti kolesterol, dan menghambat perkembangan sel tumor.

Kunyit juga berkhasiat sebagai anti inflamasi, membantu meredakan nyeri, membantu peremajaan sel, melancarkan menstruasi, dan kaya antoksidan yang membantu tubuh menghadapi pengaruh buruk radikal bebas. Dengan mengonsumsi kunyit shot, tubuh akan menerima banyak manfaat kesehatan. Nikmati segelas kunyit shot setiap hari dan Anda tak akan sering menemui dokter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement