Senin 09 Apr 2018 08:38 WIB

Ke Gym yang Ber-AC atau tidak, Mana Lebih Baik?

Berkeringat di ruangan ber-AC tidak berarti membakar lebih banyak kalori.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Indira Rezkisari
Berolahraga di gym.
Foto: EPA
Berolahraga di gym.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada dua tipe bagi orang yang senang berolahraga ke gym, yakkni mereka yang melakukan olahraga dengan kondisi AC menyala dan orang yang berpikir semuanya lebih baik tanpa AC.

Hal ini menjadi perdebatan dua pihak. Akhirnya dua pelatih selebritas Ranveer Allahbadia dan Alkhas Joseph menjawab perdebatan ini.

Seperti dikutip dari Times of India, Senin (9/4), Ranveer berpikir kenyamanan dalam berolahraga di gym harus diutamakan. Yang paling penting adalah tubuh bergerak. AC digunakan atau tidak, kata Ranveer, tidak benar-benar membuat perbedaan.

"Efek negatif AC sering dibesar-besarkan. Itu adalah pemikiran lama bahwa seseorang harus berolahraga tanpa AC. Hasil akhir tidak berbeda jauh dengan cara ini (dengan AC) atau itu (tanpa AC)," ujar Ranveer.

Di negara bersuhu panas seperti India, Ranveer melanjutkan, sangat sulit berada di ruangan tanpa AC. Bahkan, berolahraga tanpa AC dalam suhu panas lebih berbahaya karena menyebabkan sesak napas dan tidak bertenaga.

Baca juga: Ini Manfaat Olahraga pada Malam Hari

Selain itu, berkeringat lebih saat berolahraga dengan AC tidak ada hubungannya dengan kebugaran atau membakar lebih banyak kalori.

"Ini hanyalah genetik. Jumlah pori-pori keringat di tubuh Anda adalah apa yang membuat Anda berkeringat atau tidak," katanya.

Namun, Alkhas memiliki pendapat lain. Ia lebih senang berolahraga di gym tanpa AC. Sebab, AC memblokir aliran udara segar.

"Jika saya bekerja dengan AC, saya merasa saya menghindari udara pengap," kata Alkhas, yang tidak keberatan berolahraga dengan AC jika ventilasi terjamin.

Jadi, bagi orang-orang yang ingin berolahraga di gym perlu memastikan dua hal, yaitu kenyamanan saat berolahraga dan memastikan menghirup udara segar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement