Senin 02 Apr 2018 13:54 WIB

Empat Trik Hentikan Impuls Belanja

Buat daftar, menjadi hal penting sebelum berbelanja.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Winda Destiana Putri
Perempuan belanja. Ilustrasi
Foto: Dailymail
Perempuan belanja. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Anda bukanlah satu-satunya yang muncul ke supermarket untuk membeli beberapa bahan makanan tetapi berakhir di toko pakaian. Jika tujuan musim ini adalah berbelanja keperluan penting Anda dan menghentikan impuls belanja, maka ada beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan.

Personal shopper, Alarna Hope baru-baru ini membagikan beberapa trik agar para wanita bisa berhenti dari dorongan belanja.

Membuat daftar

Hal pertama yang Hope lakukan adalah meminta kliennya menuliskan daftar rencana kegiatan selama sepekan. Hope juga meminta kliennya menuliskan rutinitas mereka. "Ini agar tidak ada yang akan dimasukkan ke dalam belanja sebab barang-barang itu tidak akan digunakan secara teratur," ujar Hope, seperti yang dikutip dari Daily Mail, Senin (2/4).

Seringkali perempuan berbelanja gaun malam untuk acara-acara pesta di akhir pekan. Tetapi sebenarnya Anda tidak akan memakainya terlalu banyak. "Apa yang saya banyak lihat adalah perempuan terlalu banyak memberikan kompensasi di area tertentu dari lemari mereka, meskipun tidak memiliki tempat untuk pergi dengan pakaian itu," katanya.

Setelah membuat daftar, Hope menambahkan, jauh lebih mungkin untuk berinvestasi pakaian sehari-hari yang berkualitas daripada menghabiskan uang untuk sesuatu yang jarang dipakai.

Tidak perlu menghabiskan banyak uang

Jika Anda ingin memperbarui baju-baju di lemari pakaian menjelang pergantian musim, akan ada perasaan seolah-olah Anda membutuhkan uang banyak. Tapi, menurut Hope, sebenarnya Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk mengganti baju-baju di lemari pakaian agar terlihat baru.

"Klien saya rata-rata menghabiskan antara 1200 dolar AS dan dua ribu dolar AS untuk memperbarui busananya. Sangat jarang klien saya menghabiskan lebih dari enam ribu dolar AS untuk seluruh pembaruan pakaian," kata Hope.

Sebaliknya pikirkan tentang aksesoris kecil yang dapat membuat gaya Anda berbeda. Contohnya sepasang anting antik.

Jadilah realistis

Setelah Anda tahu gaya apa yang diinginkan, mulailah menetapkan anggaran. Buat daftar setiap kategori seperti atasan, jaket, rok, dan gaun. Cantumkan harga rata-rata untuk masing-masing kategori. "Ini akan menjadi referensi cepat untuk Anda," kata Hope. Cobalah untuk tidak melebihi anggaran dan secara otomatis abaikan sesuatu jika terlalu mahal.

Tidur

Terakhir, Hope mengungkapkan jika tidak begitu bersemangat dengan item yang Anda coba padahal ingin memakainya besok, hal yang harus dilakukan adalah pulang ke rumah dan tidur. "Pulanglah, berikan waktu satu atau dua hari dan jika Anda memikirkannya, kemudian kembalilah untuk produk itu saja," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement