Kamis 02 Jan 2020 08:35 WIB

Cara Mudah Terhindar dari 'Lapar Mata' Saat Belanja

Sering "lapar mata" saat belanja?

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Berbelanja di pasar swalayan. Ada sejumlah cara yang mudah dipraktikkan agar terhindar dari
Foto: Antara/Raisan Al Farisi
Berbelanja di pasar swalayan. Ada sejumlah cara yang mudah dipraktikkan agar terhindar dari "lapar mata" saat berbelanja.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kebutuhan selama satu bulan begitu beragam. Mulai dari kebutuhan pokok seperti bahan makanan, kebutuhan sehari-hari, sampai kebutuhan yang sifatnya khusus seperti peralatan rumah yang harus segera diganti.

Sebagian orang kadang tergoda membeli barang yang tidak ada dalam daftar belanja atau terjebak dalam sejumlah pengeluaran sia-sia. Berikut tips agar terhindar darinya, berdasarkan ulasan dari aplikasi keuangan dari Halofina.

Baca Juga

- Tetapkan waktu belanja

Semakin sering pergi ke swalayan atau pusat perbelanjaan, semakin sering kita melihat barang-barang promo yang ditawarkan. Karena itu, sebaiknya ada jadwal khusus untuk berbelanja.

Penetapan waktu belanja tersebut akan lebih menghemat waktu, bensin, dan biaya parkir. Selain itu, kita juga bisa membatasi diri dari godaan "lapar mata" yang sering terjadi hanya karena keinginan, bukan kebutuhan.

 

- Buat anggaran belanja

Hal ini penting dilakukan sebelum pergi berbelanja. Catat semua kebutuhan yang akan kita beli, lalu urutkanlah dari kebutuhan yang paling penting dan mendesak. Setelah itu, hitung berapa anggaran yang dibutuhkan.

Head of Marcomm Halofina, Garniasih, memberikan tips ketika tergoda membeli sesuatu di luar daftar. Tantang diri sendiri dengan menahan membeli barang itu. Setelah tiga hari, barang yang diinginkan hanya karena "lapar mata" biasanya terlupakan.

- Makan sebelum berbelanja

Cara ini terlihat sepele, namun bermanfaat untuk menghindari pengeluaran sia-sia saat berbelanja. Makan sebelum pergi berbelanja membuat kita tidak tergoda makan di luar atau membeli berbagai jenis jajanan dan makanan di swalayan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement