Ahad 01 Apr 2018 21:42 WIB

Cokelat, Kudapan Sehat Banyak Manfaat

Cokelat adalah camilan sempurna jika diimbangi dengan pola makan sehat.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Ani Nursalikah
Cokelat. Ilustrasi
Foto: Reuters
Cokelat. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sederet studi ilmiah menunjukkan cokelat adalah kudapan sehat yang memiliki sederet manfaat. Hal tersebut disepakati Ceitanna Cooper, pakar nutrisi dari layanan kesehatan AXA PPP.

Menurut Cooper, cokelat adalah camilan sempurna jika diimbangi dengan pola makan yang sehat dan seimbang. Berikut lima khasiat yang bisa didapatkan dari cokelat, dikutip dari laman Harpers Bazaar.

- Memperbaiki mood

Rasa, aroma, dan tekstur cokelat menstimulasi area otak yang menimbulkan rasa nyaman. Cokelat mengandung triptofan, asam amino esensial yang merangsang produksi serotonin, anti-depresan alami pada otak.

- Baik untuk jantung

Cooper mengatakan makan cokelat sangat baik untuk kesehatan jantung karena kaya flavonoid. Manfaat lain yaitu menurunkan tekanan darah, mengencerkan darah, mengurangi risiko stroke, dan efek anti-inflamasi.

- Melindungi arteri

Flavonoid dalam cokelat juga membantu menghentikan oksidasi kolesterol LDL dan mencegah gangguan pada arteri. Kandungan ini juga diketahui dapat meningkatkan kadar kolesterol baik yang bermanfaat bagi tubuh.

- Meredakan batuk

Cokelat terbukti membantu meredakan batuk karena mengandung zat kimia bernama theobromine. Namun, pastikan cokelat yang dikonsumsi adalah jenis cokelat hitam dalam porsi yang tidak berlebihan.

- Menyehatkan otak

Bahan kimia bernama epicatechin dalam cokelat dan teh hijau bermanfaat menyehatkan otak. Zat ini mencegah pembentukan plak amyloid yang berpotensi memicu penyakit Alzheimer.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement