Ahad 01 Apr 2018 19:20 WIB

Ini Alasan Kematian Orang Tua dalam Film-Film Disney

Faktornya besar dipengaruhi kisah pahit Walt Disney.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari
Film Beauty and the Beast.
Foto: AP
Film Beauty and the Beast.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film-film Disney telah menginspirasi banyak orang dan membekas sebagai kenangan masa kecil membahagiakan. Namun, jika diperhatikan dengan seksama, ada satu kesamaan yang cukup mengganjal di antara kisah-kisahnya.

Pada sebagian film, kerap dikisahkan orang tua sang tokoh utama meninggal dunia. Hal itu terjadi dalam Lion King, Bambi, Cinderella, Beauty and the Beast, juga Elsa dan Anna yang yatim piatu di film Frozen.

Produser Disney, Don Hahn, memberikan alternatif jawabannya. Ia tidak mengatakan hal tersebut sebagai penyebab mutlak, tetapi setidaknya cukup berpengaruh pada kisah-kisah Disney yang emosional.

Menurut Hahn, ini ada kaitannya dengan apa yang dialami Walt Disney, pendiri The Walt Disney Company. Sekitar tahun 1940-an, terjadi peristiwa tragis setelah Walt Disney membelikan rumah untuk ayah ibunya, Elias dan Flora.

Baca juga: Disney Garap Live-Action Lady and the Tramp

Sebelum orang tuanya menempati rumah, Walt menyuruh petugas studio datang dan memperbaiki tungku perapian. Tak disangka, ada kebocoran pada tungku yang membuat ibunya meninggal dan ayahnya sakit parah.

Hahn mengatakan, Walt tidak pernah berbicara tentang peristiwa itu. Namun, Hahn yakin Walt menempatkan kesalahan atas kecelakaan memilukan itu pada dirinya sendiri dan secara pribadi merasa bertanggung jawab.

"Bisa membelikan rumah orang tua adalah mimpi setiap anak dan kecelakaan ini merusak kesuksesannya. Sangat manusiawi jika dia sangat terpukul dengan kejadian itu," ujar Hahn, dikutip dari laman Good to Know.

Namun, Hahn juga memiliki jawaban logis terkait jalan pintas cerita yang meniadakan orang tua. Langkah itu disebutnya mempercepat plot, memungkinkan karakter tumbuh dewasa dan bertanggung jawab atas hidupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement