Rabu 21 Mar 2018 07:24 WIB

Ritual Post-Credit Marvel Lahir tidak Disengaja

Adegan post-credit pertama muncul sejak film Iron Man di 2008.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
 Jon Favreau
Foto: EPA
Jon Favreau

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Adegan post-credit atau cuplikan yang muncul setelah film usai dan menampilkan nama-nama pemain dan kru di film besutan Marvel Studios pertama bermula di tahun 2008. Yaitu berawal dari film Iron Man. Kemunculan tersebut ternyata merupakan ketidaksengajaan yang secara spontan muncul dalam pemikiran sutradara Jon Favreau.

"Itu sedikit kelakar, saya ingin memasukkan kejutan tersembunyi yang disukai para pengemar dan kami pikir gagasan tentang post-credit bisa menyenangkan," ujar sutradara Iron Man tersebut dikutip dari EW, Rabu (21/3).

Adegan post-credit pertama yang muncul menunjukkan Nick Fury yang diperankan Samuel L Jackson melangkah keluar dari bayang-bayanguntuk mengenalkan diri pada Tony Stark yang diperankan Robert Downey Jr. Adegan tambahan di akhir itu ternyata menjadi tradisi baru untuk setiap film Marvel Cinematic Universe (MCU).

"Itu adalah sesuatu yang sebenarnya tidak ada dalam naskah aslinya. Tapi kupikir gagasan Nick Fury adalah Sam Jackson akan sangat menyenangkan, karena ketika Nick Fury diperlihatkan seperti di The Ultimates (buku komik), mereka menyusunnya kembali sebagai Sam Jacksonn. Dan ku pikir itu akan menjadi anggukan yang sangat bagus bagi penonton," kata pemeran Happy Hogan tersebut.

Untuk menata adegan tersebut, Favreau punmendapatkan bantuan dari Bos Marvel Studios Kevin Feige. Mereka mencoba menyusun dialog bersama agar lebih hati-hati dalam menyampaikan bagian yang ingin diperlihatkan.

Dengan meninggalkan petunjuk untuk kelanjutan MCU, Favreau ketika itu berharap bisa menunjukkan misi dari dasar tujuan cerita. Hal tersebut pun akan membawa beberapa orang bertahan di teater dan memberikan penghargaan lebih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement