Kamis 08 Mar 2018 06:07 WIB

Menggoreng dengan Airfryer, Masakan Lebih Sehat

Proses memasak kerap menghasilkan makanan tak sehat.

Rep: Khoirul Azwar/ Red: Gita Amanda
Philips Airfryer tipe terbaru HD9623, adalah alat menggoreng tanpa atau hanya dengan sedikit minyak.
Foto: Philips
Philips Airfryer tipe terbaru HD9623, adalah alat menggoreng tanpa atau hanya dengan sedikit minyak.

REPUBLIKA.CO.ID, Pada umumnya, para ibu dan keluarga Indonesia tahu dan paham soal gaya hidup sehat, termasuk bagaimana pola makan sehat bagi keluarganya. Namun, yang seringkali diabaikan adalah proses memasaknya.

“Sangat disayangkan apabila bahan bakunya sudah sehat, namun proses memasaknya justru menghasilkan makanan yang tidak sehat, sehingga gizi makanan tidak maksimal. Misalnya, proses menggoreng yang menggunakan minyak yang banyak,” kata Dokter Spesialis Gizi, Dr Cindiawaty Pudjiadi, MARS, MS, Sp.GK.

Penggunaan minyak, menurut dia, akan meningkatkan total asupan kalori seseorang. Hal ini tentu dapat meningkatkan risiko seseorang untuk menjadi obesitas. Obesitas berhubungan dengan berbagai penyakit kronis, seperti hipertensi, penyakit jantung, dan lain sebagainya.

“Memasak sehat bisa juga dilakukan dengan cara masak yang sederhana, seperti mengurangi penggunaan minyak,” ujar  Cindiawaty.

Dalam upaya mendorong masyarakat untuk hidup lebih sehat, Philips menghadirkan   Airfryer seri HD9623. Produk anyar ini  dapat memudahkan para ibu, keluarga, dan setiap orang untuk  memulai masak makanan sehat, dengan memperhatikan kandungan bahan makanan yang dipakai.

Head of Personal Health Philips Indonesia Yongky Sentosa, menilai tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga gaya hidup sehat sudah semakin tinggi. Namun secara umum, masyarakat  masih dalam fase kuratif.

Melalui produk dan kegiatan-kegiatannya, Philips ingin meningkatkan kesadaran masyarakat untuk masuk ke fase preventif. Sehingga dapat mencegah penyakit-penyakit yang diakibatkan oleh gaya hidup yang tidak sehat.

Philips Airfryer tipe terbaru HD9623, adalah alat menggoreng tanpa atau hanya dengan sedikit minyak, dapat juga dipakai memanggang dan membakar makanan dengan praktis dan mudah. Teknologi TurboStar, yang dimilikinya, menghasilkan panas secara cepat dan merata tanpa makanan harus dibalik.

“Menggoreng bahan makanan dengan menggunakan Airfryer dapat mengurangi lemak hingga 80 persen dibandingkan dengan menggoreng biasa,” ujarnya. Airfryer,  menurut dia,  bisa menjadi solusi bagi penderita jantung dan gangguan kardiovaskular untuk dapat mengonsumsi gorengan lebih sehat.

Yongki menambahkan, pola hidup sehat yang berawal dari rumah adalah investasi setiap orang untuk dapat menjalani masa tuanya dengan sehat, sejahtera, dan bahagia. Ini merupakan komitmen Philips untuk dapat menyentuh kehidupan  tiga miliar orang setiap tahunnya di tahun 2025.

Menurut Chef Arimbi Nimpuno, banyak resep masakan Indonesia mengandung rempah yang baik untuk kesehatan, namun umumnya  proses mengolahnya digoreng. Mengombinasikan beragam bahan masakan dan mengubah teknik memasak, misalnya dari digoreng menjadi dipanggang atau dikukus, atau menggunakan Airfryer,  kata  dia, merupakan solusi pola makan sehat.

“Dan ini yang saya terapkan dirumah untuk saya dan keluarga, ” ujar  Arimbi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement