Ahad 11 Feb 2018 15:14 WIB

Kakeibo, Jurus Irit Dompet ala Jepang

Teknik mengatur uang kakeibo sudah dikenal seabad di Jepang.

Rep: Christiyaningsih/ Red: Indira Rezkisari
Kakeibo sudah dipraktikkan 100 tahun di Jepang untuk mengelola keuangan sehari-hari.
Foto: Pixabay
Kakeibo sudah dipraktikkan 100 tahun di Jepang untuk mengelola keuangan sehari-hari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pernahkah Anda merasa bingung di akhir bulan tatkala melongok dompet atau angka di rekening? Pernahkah merasa berpenghasilan cukup namun menjelang akhir bulan uang dimiliki hanya tersisa dalam jumlah yang minim atau bahkan ludes sama sekali?

Situasi yang demikian memang mengesalkan apalagi bila masih ada kebutuhan mendesak yang harus dipenuhi di akhir bulan. Ada sebagian orang yang malas memisah-misah uangnya ketika menerima gaji sehingga berujung pada pengeluaran yang tidak terkontrol.

Namun kebiasaan boros itu bisa ditanggulangi dengan metode kakeibo. Kakeibo adalah teknik mencatat pengeluaran ala Jepang yang sudah dikenal selama seabad. Nama kakeibo mungkin terdengar imut tapi secara harafiah kakeibo diartikan sebagai 'buku besar keuangan rumah tangga'.

Huffington Post yang mengutip Moni Ninja memaparkan dengan menerapkan metode kakeibo, pengeluaran dapat ditekan hingga 35 persen. Kuncinya terletak pada pengklasifikasian pengeluaran dalam empat kategori.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mencatat seluruh pengeluaran di akhir bulan. Anda hanya perlu mengingat apa saja yang sudah dibeli dan dibayarkan dalam empat pekan sebelumnya. Setelah itu amati pembelanjaan apa saja yang dirasa tidak perlu. Dengan demikian pembelanjaan tersebut bisa disingkirkan atau ditunda pada bulan berikutnya.

Ada empat pengkategorian belanja yang bisa dibuat agar tak bingung, yaitu:

Survival: pos ini adalah pengeluaran yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan dasar hidup. Contohnya membeli makan dan membayar sewa rumah.

Optional: membeli baju baru, makan di restoran, atau membeli gawai masuk ke dalam kategori ini.

Culture: aktivitas yang bersifat hiburan tergolong dalam kategori culture. Di antaranya menonton film, berlangganan televisi, atau membeli tiket pertandingan olahraga.

Extra: membeli kado ulang tahun, biaya servis bila ada peralatan yang rusak, dan membeli obat jika tiba-tiba sakit bisa masuk ke dalam kategori ini.

Metode kakeibo mungkin tidak terdengar revolusioner. Akan tetapi, kakeibo adalah kiat unik untuk menanamkan sudut pandang yang realistis kepada diri sendiri. Cara ini mengajarkan seseorang agar berhati-hati dalam mengeluarkan uangnya. Dengan kakeibo, seseorang bisa lebih menyadari mana pengeluaran yang penting dan mana pengeluaran yang bisa ditunda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement